Merambah Sampai Papua, Dubes Jepang Gembira Penghobi Koi Indonesia Tak Hanya di Jawa
Dubes Jepang untuk Indonesia Masuki Yasushi (dua dari kanan) melihat salah satu ikan Koi di ajang Koi's Festival di Bogor (26/4). (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)
15:56
26 April 2024

Merambah Sampai Papua, Dubes Jepang Gembira Penghobi Koi Indonesia Tak Hanya di Jawa

 

 


Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Masuki Yasushi menghadiri pembukaan Koi Festival ke-16 di Cibinong, Bogor pada Jumat (26/4). Dia bersyukur penghobi Koi di Indonesia saat ini tidak hanya di Pulau Jawa. Tetapi meluas sampai ke Pulau Sumatera dan Kalimantan. 


Dia mengatakan Koi menjadi media persahabatan Indonesia dengan Jepang. "Saya sangat senang, karena mewakili budaya Jepang," katanya. Dubes Masuki menuturkan pada Januari lalu, dia melihat kontes Koi yang berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Termasuk dari Kalimantan dan Sumatera. 

"Saya senang Koi semakin dicintai di Indonesia," tuturnya. Selain itu dia juga penghobi tanaman bonsai di Indonesia juga semakin banyak. Di Jepang antara ikan Koi dan tanaman bonsai menjadi satu kesatuan. Yaitu menghiasi taman di rumah-rumah masyarakat Jepang. 

Pada kesempatan yang sama Presiden KOI's Indonesia Slamet Kurniawan mengatakan masyarakat Indonesia kental dengan budaya maritim. Sehingga masyarakat Indonesia begitu dekat dengan ikan. "Termasuk ikan Koi," katanya. Jadi tidak heran jika saat ini penghobi ikan Koi semakin luas. 

Menurut pantauan yang dia lakukan, penghobi ikan Koi saat ini bahkan sampai ke tanah Papua. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak di pulau Jawa. Selain itu, daerah lain yang mengalami pertumbuhan jumlah penghobi ikan Koi adalah di Bali. 

Bagi Kurniawan memelihara ikan Koi butuh proses. Dipelihara sejak ukuran kecil. Dengan ketelatenan, ukuran ikan Koi bisa sampai 80 cm sampai 90 cm. Dengan ukuran yang hampir satu meter tersebut, harga ikan Koi ada yang sampai ratusan juta rupiah. 


"Selain itu, ikan Koi adalah simbol persahabatan," katanya. Selain Indonesia dan Jepang, ada sejumlah negara sahabat lainnya yang hadir. Seperti dari Malaysia, Tiongkok, sampai beberapa negara dari Benua Eropa. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #merambah #sampai #papua #dubes #jepang #gembira #penghobi #indonesia #hanya #jawa

KOMENTAR