Pemerintah RI Salurkan Bantuan 10 Juta Vaksin Polio untuk Afghanistan
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Kantor Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Tangerang, pada Kamis (7/3). (Dok Kemenkeu)
12:32
8 Maret 2024

Pemerintah RI Salurkan Bantuan 10 Juta Vaksin Polio untuk Afghanistan

- Pemerintah melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang juga dikenal dengan Indonesian AID memberikan bantuan berupa 10 juta dosis vaksin polio bPOV produksi dalam negeri kepada masyarakat Afghanistan.   Pengiriman bantuan vaksin produksi PT Bio Farma tersebut secara simbolis dilakukan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Kamis (7/3) di Kantor Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Tangerang.   “Pemerintah Indonesia bersama PT Biofarma Indonesia bekerja untuk menyediakan 10 juta dosis vaksin polio yang akan dikirim melalui UNICEF untuk melaksanakan program vaksin nasional yang akan segera di-launching pada bulan April ini,” kata Sri Mulyani.  

  Menkeu mengatakan, pengiriman 10 juta dosis vaksin polio ini akan menjangkau 3,3 juta anak-anak berusia di bawah 3 tahun di seluruh Afghanistan. Untuk diketahui, Afghanistan adalah satu dari dua negara tersisa di dunia yang masih dalam status endemik polio selain Pakistan.   Terbatasnya akses untuk mendapatkan pasokan vaksin dan kurang memadainya fasilitas kesehatan semakin mengancam masa depan anak-anak dan balita di negara tersebut.   Situasi ini menjadi salah satu penyebab utama mortalitas atau kematian anak-anak di Afghanistan. Sebagai negara yang secara aktif menjalankan diplomasi perdamaian dan kemanusiaan sebagaimana amanat konstitusi, Indonesia berkomitmen membantu rakyat Afghanistan menghadapi situasi ini melalui bantuan vaksin.   “Tentu kita berharap bahwa sumbangan dari Indonesia ini merupakan bagian dari artikulasi dan implementasi spirit dari undang-undang dasar kita, konstitusi kita dan di dalam terus membangun semangat Indonesia sebagai warga dunia yang bertanggung jawab,” jelas Menkeu.  

  “Responsible state responsible citizen untuk terus bersama-sama mewujudkan cita cita kesejahteraan sosial dan keadilan sosial tidak hanya bagi seluruh rakyat Indonesia namun juga bagi seluruh dunia,” imbuh Menkeu.   Sebagai informasi, dalam penyaluran bantuan vaksin polio ini, Indonesian AID bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF), sebuah organisasi PBB yang bertujuan memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibu di negara-negara berkembang.   Pemberian hibah ini juga diharapkan dapat menjadi sarana promosi produk vaksin dan obat-obatan buatan Indonesia yang berkualitas ke pasar global, khususnya untuk memenuhi kebutuhan badan-badan PBB yang menjalankan program peningkatan kualitas kesehatan atau penanganan wabah di negara/kawasan tertentu yang bersifat krusial.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #pemerintah #salurkan #bantuan #juta #vaksin #polio #untuk #afghanistan

KOMENTAR