Diagram Sirekap KPU Hilang, Menko Polhukam Akan Koordinasi dengan Penyelenggara Pemilu
KPU RI Menyatakan Sirekap Hanya Alat Bantu Publikasi (perludem.org)
21:08
7 Maret 2024

Diagram Sirekap KPU Hilang, Menko Polhukam Akan Koordinasi dengan Penyelenggara Pemilu

- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengaku akan berkoordinasi dengan KPU RI terkait hilangnya diagram dalam aplikasi Sistem Rekapitulasi Suara (Sirekap). Hadi mengaku akan berkoordinasi dengan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari terkait polemik Sirekap.

"Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua KPU juga," kata Hadi usai menghadiri Rakernas ATR/BPN di Jakarta, Kamis (7/3).   Hadi memastikan, akan memberikan informasi lebih lanjut setelah berkoordinasi dengan pihak KPU. "Nanti secara detilnya akan saya sampaikan. Ya nanti saya dengarkan dulu," ucap Hadi.  

  Adapun sejak pukul 23.00 WIB, Selasa (5/3) malam, situs pemilu," ungkap Idham Holik, Rabu (6/3).   Aplikasi Sirekap KPU saat ini hanya menampilkan foto formulir model c. Menurutnya, formulir model c hasil jarang dilihat oleh para pengakses Sirekap.   Kini, kata Idham, KPU kabupaten/kota dan provinsi yang telah melakukan rekapitulasi manual harus mempublikasikan hasilnya pada website dan media sosial. Idham menekankan, KPU hanya akan fokus menampilkan data hasil rekapitulasi secara berjenjang.   "Bagi KPU di daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasinya wajib mempublikasikan hasil rekapitulasi perolehan suara peserta pemilu ke publik. Kini masyarakat dapat mengaksesnya," pungkas Idham.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #diagram #sirekap #hilang #menko #polhukam #akan #koordinasi #dengan #penyelenggara #pemilu

KOMENTAR