Cerita Perjalanan Pulang Jokowi ke Solo: Boeing 737-800 Dikawal 8 Pesawat Tempur F16 hingga Sukhoi
Momen Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) dan istri, Iriana hendak masuk ke pesawat untuk pulang ke kampung halamannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024). 
06:42
22 Oktober 2024

Cerita Perjalanan Pulang Jokowi ke Solo: Boeing 737-800 Dikawal 8 Pesawat Tempur F16 hingga Sukhoi

- Proses peralihan kepemimpinan negara dari Presiden Jokowi kepada Presiden Prabowo menyisakan banyak cerita. 

Salah satunya, cerita kepulangan Jokowi dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, usai menuntaskan masa baktinya sebagai presiden ke-7 RI.

Usai prosesi pisah-sambut di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) siang, Jokowi dan istrinya, Iriana, langsung meluncur ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Mereka tak berdua saja. Prabowo ikut mengantar keduanya. 

Jokowi bahkan menumpang dalam mobil kepresidenan yang baru, MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad. 

Mobil berkelir putih itu tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sekira pukul 14.43 WIB.

Di pangkalan udara milik TNI AU itu sudah menunggu para pembantu Jokowi di Kabinet Indonesia Maju. 

Sementara di landasan pacu, pesawat Boeing 737-800 dengan nomor register A-7309 milik TNI Angkatan Udara (AU) juga sudah dipanaskan. 


Pesawat itu yang akan membawa Jokowi dan Iriana ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. 

Pesawat berkelir dominan abu-abu muda dengan garis merah putih pada bagian tengah badan pesawat itu bahkan sudah disiapkan beberapa jam sebelum lepas landas sekira pukul 15.06 WIB.

Saat Jokowi tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, para menteri yang awalnya menunggu di ruangan VVIP langsung berkumpul membuat dua barisan, dengan posisi bagian tengah dikosongkan untuk Jokowi dan Iriana berjalan. 

Mereka berbaris di antara karpet merah yang dibentangkan untuk Jokowi di tengah panasnya sinar matahari. 

Dari deretan menteri Kabinet Indonesia Maju yang melepas Jokowi dan Iriana pulang ke Solo itu terlihat di antaranya Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Terlihat juga Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kemudian Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Menkumham Supratman Andi Agtas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU M Tonny Harjono.

Selain para menteri, keluarga Jokowi, yakni putra bungsunya Kaesang Pangarep, putri keduanya Kahiyang Ayu, dan suami Kahiyang, Bobby Nasution ikut menenani Jokowi dan Iriana naik ke pesawat. 

Sebelum itu, terlihat pula atraksi pesawat tempur yang melakukan flypass yang mengitari langit Lanud Halim Perdanakusuma.

Sebelum naik ke pesawat, Jokowi sempat memberikan keterangan kepada awak media yang sudah menunggu. 

Ia pun memberikan pesan kepada pemerintahan yang baru bahwa ada tugas negara yang amat besar yang akan tidak bisa dikerjakan seluruhnya. 

"Oleh sebab itu saya sampaikan kepada bapak Presiden (Prabowo) Saya serahkan seutuhnya impian, harapan cita-cita besar, dari 248.000.000 rakyat Indonesia pada bapak presiden Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto, dan semoga beliau diberikan kekuatan untuk memimpin negara yang sangat besar ini," pesan Jokowi untuk Prabowo.

Setelah itu, Jokowi dan Iriana menyalami para menteri-menterinya tersebut sebelum akhirnya naik melalui tangga dan masuk ke dalam pesawat. 

Sebelum itu, Jokowi dan Iriana masih sempat membalikkan badan, melambaikan tangan dan menundukkan badannya sebagai tanda perpisahan.

Pesawat yang ditumpangi Jokowi itu kemudian berjalan melalui landasan pacu dan akhirnya lepas landas. 

Tak lama kemudian sebuah pesawat tempur ikut lepas landas. 

Ternyata selain flypass, pesawat tempur TNI AU ini juga melakukan escort atau pendampingan terhadap pesawat yang ditumpangi Jokowi

Ada delapan pesawat tempur dengan jenis berbeda yang melakukan pendampingan itu. 

Tiga pesawat T50 Golden Eagle, empat pesawat F16 dan satu pesawat Sukhoi. 

Delapan pesawat itu membentuk sebuah barisan di belakang Boeing 737-800 yang membawa Jokowi ke Solo

"Pak Jokowi dikawal pesawat tempur sebagai penghormatan selama beliau menjabat," kata Kepala Penerangan Pangkalan Udara (Lanud) Letkol Sus Heny Purwani kepada Tribunnews.

Hingga akhirnya pesawat yang ditumpangi Jokowi dan Iriana itu tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah sekira pukul 16.05 WIB dengan selamat. 

Setelahnya, Jokowi pun pulang ke kampung halamannya sambil menyapa warga yang sudah menunggunya.(tribun network/abd/dod)

Editor: Dewi Agustina

Tag:  #cerita #perjalanan #pulang #jokowi #solo #boeing #dikawal #pesawat #tempur #hingga #sukhoi

KOMENTAR