Pesawat AirAsia Tergelincir Saat akan Menuju Apron Bandara Komodo di Labuan Bajo
Proses evakuasi Pesawat Airasia yang akan menuju apron Bandara Komodo, Labuan Bajo, Senin (19/2/2024). [Ist]
16:44
19 Februari 2024

Pesawat AirAsia Tergelincir Saat akan Menuju Apron Bandara Komodo di Labuan Bajo

Pesawat AirAsia dengan kode penerbangan QZ 860 tergelincir keluar taxi way, saat akan menuju apron di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Senin (19/2/2024).

Peristiwa tersebut terjadi setelah pesawat berhasil mendarat sempurna di Bandara Komodo pada Senin siang. Pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Labuan Bajo yang mengangkut 151 penumpang itu mendarat sekira jam 10.20 WITA.

Dalam video yang diterima , terlihat roda bagian belakang yang berada tepat di bawah sayap kanan sudah berada di atas rumput.

Sementara penumpang pesawat dievakusi dari pesawat. Berdasarkan foto dan video yang didapat, terlihat kondisi cuaca terlihat baik.

"Semua kru dan penumpang dipastikan dalam keadaan selamat dan seluruhnya telah berhasil dievakuasi," kata Manager Public Relations & Communication of Indonesia AirAsia Ageng Wibowo Leksono.

Pesawat tersebut kini berhasil dievakuasi dan sudah memasuki area parkir B2 Bandara Komodo Labuan Bajo, proses tersebut berlangsung sekira 30 menit. Untuk memastikan penyebab kejadian tersebut, AirAsia akan menginvestigasinya lebih lanjut dengan otoritas Bandara Komodo.

"Investigasi lebih lanjut mengenai kejadian ini juga tengah dilakukan oleh tim Indonesia AirAsia bersama pihak otoritas Bandara Komodo Labuan Bajo," ujar dia.

Akibat kejadin tersebut, penerbangan QZ 861 rute Labuan Bajo-Jakarta terpaksa ditunda beberapa jam.

AirAsia sendiri memastikan bahwa penumpang mendapatkan kompensasi atas keterlambatan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pesawat #airasia #tergelincir #saat #akan #menuju #apron #bandara #komodo #labuan #bajo

KOMENTAR