Bintang Puspayoga Apresiasi Kapolri Sigit Bentuk Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak
Menteri PPPA Bintang Puspayoga. (Kementerian PPPA)
13:56
25 September 2024

Bintang Puspayoga Apresiasi Kapolri Sigit Bentuk Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak

– Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, memberikan apresiasi terhadap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang membentuk Direktorat Tindak Pidana Perempuan dan Anak (PPA) dan Pidana Perdagangan Orang (PPO) di Bareskrim Polri.

Direktorat ini dipimpin oleh Brigjen Desy Andriani dan diharapkan dapat memperkuat penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta perdagangan orang, secara lebih efektif dan terpadu.

“Kami sangat menghargai pembentukan Direktorat PPA dan PPO di Bareskrim Mabes Polri mengingat penanganan kasus perempuan dan anak memerlukan pendekatan yang cepat, komprehensif, dan berlandaskan kepentingan terbaik mereka,” ujar Bintang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/9).

Bintang berharap, Direktorat PPA dan PPO ini akan menjadi komando yang terpadu dalam menangani setiap kasus. Koordinasi antara berbagai pihak diharapkan semakin baik dan akan mempercepat proses penanganan sehingga para korban tidak harus menunggu terlalu lama untuk mendapatkan keadilan.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya empati dan kepekaan dari para petugas dalam menangani korban, terutama yang telah mengalami trauma.

“Kami yakin, dengan Direktorat PPA dan PPO, penanganan kasus akan lebih terpadu. Koordinasi yang lebih baik antara pihak terkait akan mempercepat proses penyelesaian kasus, memastikan korban segera mendapatkan dukungan psikologis, medis, dan hukum yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Bintang juga menegaskan komitmen Kementerian PPPA untuk terus bermitra dengan Kepolisian RI dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi perempuan dan anak. Pemerintah terus berupaya untuk memastikan perempuan dan anak terbebas dari segala bentuk kekerasan.

“Setiap perempuan dan anak berhak atas kehidupan yang penuh martabat dan bebas dari kekerasan. Mari kita jadikan ini sebagai pengingat bahwa kita semua memiliki peran dalam mewujudkannya,” lanjutnya.

Selain itu, Bintang juga mengajak masyarakat yang mengetahui atau mengalami kekerasan untuk segera melaporkan ke Layanan SAPA 129 melalui call center atau WhatsApp di nomor 08111 129 129.

Sebagai informasi, melalui Surat Telegram Nomor ST/2100/IX/KEP/2024 tanggal 20 September 2024, Kapolri resmi menunjuk Brigjen Pol Desy Andriani sebagai Direktur Tindak Pidana Perempuan dan Anak dan Perdagangan Orang.

Pembentukan Direktorat ini sejalan dengan PERKAP Nomor 3 Tahun 2024 yang mengubah struktur organisasi Polri, serta menunjuk delapan perwira menengah untuk memperkuat Direktorat Tindak Pidana Siber di berbagai Polda di Indonesia.

 

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #bintang #puspayoga #apresiasi #kapolri #sigit #bentuk #direktorat #perlindungan #perempuan #anak

KOMENTAR