Hasil Analisa Klarifikasi Kaesang Soal Jet Pribadi Selesai, KPK Segera Umumkan ke Publik
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berjalan usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
16:32
21 September 2024

Hasil Analisa Klarifikasi Kaesang Soal Jet Pribadi Selesai, KPK Segera Umumkan ke Publik

- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan analisa terhadap klarifikasi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep soal penggunaan jet pribadi telah selesai. Lembaga antirasuah akan segera mengumumkannya ke publik.   “Proses telaah laporan gratifikasi sudah selesai," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kepada wartawan, Sabtu (21/9).   Namun, KPK saat ini enggan memberitahukan hasilnya. Menurutnya, pengumuman hasil analisa itu akan diumumkan oleh pimpinan KPK.  

  "Nanti informasinya akan disampaikan pimpinan,” ucap Pahala.   Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep sebelumnya mengklarifikasi terkait penggunaan pesawat jet pribadi bersama sang istri Erina Gudono dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS), pada 18 Agustus 2024.    Kaesang mengaku jet pribadi itu merupakan milik temannya. Hal itu disampaikan Kaesang seusai menyambangi Gedung ACLC KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).   "Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," ungkap Kaesang.    Namun, Kaesang tak menjelaskan lebih lanjut terkait temannya itu. Kaesang meminta awak media untuk menyerahkan ke KPK dan kuasa hukumnya mengenai penggunaan jet pribadi tersebut.    Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku kehadirannya di Gedung KPK lama itu merupakan inisiatif pribadi.   "Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri," pungkasnya.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #hasil #analisa #klarifikasi #kaesang #soal #pribadi #selesai #segera #umumkan #publik

KOMENTAR