Spesifikasi KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391, Dua Kapal Perang Baru Milik TNI AL
KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391, dua kapal perang baru TNI AL. (Dispenal)
18:24
20 September 2024

Spesifikasi KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391, Dua Kapal Perang Baru Milik TNI AL

- KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391 menjadi dua kapal perang baru bagi TNI AL. Pada Jumat (20/9), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali melakukan launching dan shipnaming kedua kapal tersebut di galangan milik PT Daya Radar Utama (DRU) yang berada di Lampung.

Meski dibuat oleh perusahaan dalam negeri, kedua kapal perang jenis Offshore Patrol Vessel (OPV) tersebut sudah dibekali kemampuan mumpuni. Sehingga bisa berperan menjadi kapal patroli maupun kapal kombatan. Spesifikasi teknis kapal tersebut diantaranya adalah panjang 98 meter, lebar 13,5 meter, dan tinggi 6,9 meter.

Dengan hull badan kapal yang berbentuk monohull, kedua kapal perang baru tersebut dirancang untuk mendapatkan performance yang baik pada kecepatan tinggi maupun pada kecepatan jelajah. Saat beroperasi, kapal tersebut dapat berlayar dengan kecepatan maksimal mencapai 28 knot dan kecepatan jelajah pada angka 20 knot.

”Beberapa keunggulan dari kapal ini adalah diperkuat senjata Meriam 76 milimeter dan 40 milimeter Leonardo, Meriam 20 milimeter Escribano, Decoy atau Terma, Surface to Surface Missile 2x4 Launcher System atau Roketsan, dan mampu membawa helikopter. Nantinya akan dilengkapi sensor bawah air, permukaan, udara dan persenjataan torpedo,” demikian keterangan TNI AL.

Dengan kecepatan maksimum 28 knots dan kelincahan yang dimiliki, KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391 mampu memenuhi kebutuhan untuk melaksanakan berbagai jenis misi dan operasi. Baik misi penegakkan hukum di laut, infiltrasi, eksfiltrasi maupun misi SAR. TNI AL optimistis kedua kapal tersebut dapat difungsikan dengan baik oleh Komando Armada (Koarmada) III.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #spesifikasi #lukas #rumkorem #raja #haji #fisabilillah #kapal #perang #baru #milik

KOMENTAR