VIDEO Penampakan Rumah dari Negara untuk Ma'ruf Amin di Depok: Luas Lahan 2 Lapangan Bola
19:11
19 September 2024

VIDEO Penampakan Rumah dari Negara untuk Ma'ruf Amin di Depok: Luas Lahan 2 Lapangan Bola

KH Ma'ruf Amin dan keluarga bakal menempati rumah baru pemberian dari negara atas pengabdian dan jasanya sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024 usai masa jabatanya berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Ma'ruf Amin memilih rumah pemberian negara tersebut dibangun dari awal di lahan seluas dua kali lapangan sepak bola di Jalan Raya Tapos, RT 002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Jawa Barat.

Masa jabatan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mulai menjalankan pemerintahan sejak Minggu, 20 Oktober 2019.

Tonggak estafet pemerintahan Indonesia akan diserahkan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang telah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, berdasarkan Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilu 2024.

Mengacu Undang-undang Nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, maka mantan Presiden dan Wakil Presiden RI berhak mendapatkan masing-masing satu unit rumah kediaman yang layak beserta perlengkapannya.

Penampakan rumah 'hadiah' dari negara untuk Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jalan Raya Tapos, RT.002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Senin (16/9/2024). Penampakan rumah 'hadiah' dari negara untuk Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jalan Raya Tapos, RT.002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, Senin (16/9/2024). (Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami)

Demikian juga dengan Jokowi dan Ma'ruf Amin, yang akan diberikan 'hadiah' rumah dari negara sebagai bentuk penghargaan atas jasanya.

Rumah Jokowi berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kediaman Presiden RI ke-7 RI itu akan berdiri di atas lahan seluas 12.000 meter persegi.

Sedangkan Wapres Ma'ruf Amin mendapatkan rumah yang berlokasi di Tapos, Depok, Jawa Barat.

Tim Tribunnews mengunjungi rumah pemberian dari negara kepada Ma'ruf Amin itu, yang berlokasi di Jalan Raya Tapos, RT 002/011, Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Jawa Barat, pada Senin (16/9/2024).

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan pemilihan lokasi rumah pemberian negara di Tapos, Depok, Jawa Barat itu juga atas dasar pilihan Ma'ruf sendiri. 

Ma’ruf Amin sengaja memilih lokasi rumah di Tapos karena tidak jauh dari rumah pribadi milik istrinya, Wury Estu Handayani, dan kediaman orang tua Ma'ruf. 

Berdasarkan perhitungan melalui aplikasi Google Maps, hanya berjarak 1 kilometer.

Masduki mengatakan selama proses pembangunan berlangsung, Abah, sapaan akrab Ma'ruf Amin kerap menengok perkembangan pembangunan calon kediamannya itu.

Terutama di sela-sela libur akhir pekan dan jika sedang tidak ada kegiatan apapun. 

Meski rumah negara untuk Maruf Amin masih dalam tahap pembangunan, kompleks rumahnya telah dijaga ketat anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Rumah 'hadiah' dari negara untuk Wapres Ma'ruf Amin berdiri di atas lahan yang kira-kira luasnya cukup untuk dua lapangan sepak bola.

Secara keseluruhan, lahan tersebut tampak seperti bentuk huruf "S".

Walaupun proyek pembangunannya belum rampung namun sudah terlihat di bagian depan sebuah bangunan berwarna putih membentuk gapura, yang berfungsi sebagai pos pengamanan.

Bentuk bangunan ini membuat pintu masuk terlihat seperti lorong.

Untuk memasuki lorong tersebut, terdapat pagar yang saat ini masih terbuat dari seng.

Di pagar seng itu menempel sebuah pemberitahuan, "Hati-hati keluar masuk kendaraan proyek."

Setelah melewati pagar seng tersebut sekaligus pintu masuk menuju jalan utama kompleks calon kediaman Ma'ruf Amin, tampak di sisi kanan dan kiri jalan ditanami pepohonan hijau.

Sepanjang jalan utama di area ini menggunakan conblock persegi panjang.

Adapun di ujung dari jalan selepas pos pengamanan terdapat sebuah lahan parkir yang sekiranya dapat menampung lebih dari tujuh mobil serta green house untuk kegiatan budi daya tanaman.

Kemudian, bangunan yang nantinya diperuntukkan sebagai rumah Ma'ruf Amin sendiri berada di sisi kanan bangunan green house.

Bangunan green house berseberangan dengan bangunan rumah tinggal yang akan ditempati Ma'ruf Amin. 

Kedua bangunan ini dipisahkan oleh jalan utama yang melintang membentuk huruf "S" hingga ke pintu keluar kompleks.

Bangunan calon rumah tinggal Ma'ruf Amin bergaya minimalis dan bertingkat tiga di dalamnya.

Rumah hadiah negara untuk Ma'ruf Amin ini terlihat megah, dengan dinding didominasi warna putih.

Sementara seluruh atap dan kusen-kusen jendela serta pintunya berwarna hitam.

Sisi depan bangunan untuk rumah tinggal ini menghadap green house.

Sedangkan di samping kanannya dibangun sebuah bangunan mewah ukuran sedang yang keseluruhannya terbuat dari kayu.

Di depan bangunan kayu tersebut melintang jalan utama yang diujungnya terdapat pagar pintu keluar sekaligus pembatas antara kompleks rumah eks Wapres dengan rumah-rumah warga.

Meski masih dalam tahap pembangunan, kompleks ini dijaga ketat oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Ketua RT setempat, Ibe mengatakan sebelum dibeli negara untuk dijadikan calon kediaman Ma'ruf Amin, lahan itu merupakan milik pribadi.

Namun ia tidak menjelaskan siapa pemilik sebelumnya dari lahan tersebut. 

Ia juga tidak mengetahui secara pasti luas lahan itu. Namun dalam proses jual-beli lahan Ketua RT setempat ikut andil sebagai saksi.

Ibe juga menjelaskan ada aturan khusus yang diamanatkan Paspampres kepadanya untuk disampaikan kepada para warga di RT 002/011 mengenai larangan menyulut petasan ataupun kembang api.(*)

 

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #penampakan #rumah #dari #negara #untuk #maruf #amin #depok #luas #lahan #lapangan #bola

KOMENTAR