Muncul Wacana Pembentukan Angkatan Siber, KSAU Pastikan Terus Perkuat Satuan Siber di TNI AU
SAH MENJABAT: Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono saat dilantik sebagai KSAU sekaligus kenaikan pangkat sebagai marsekal oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4). (MUCHLIS/SETPRES)
17:08
11 September 2024

Muncul Wacana Pembentukan Angkatan Siber, KSAU Pastikan Terus Perkuat Satuan Siber di TNI AU

 

- Kepala Staf Angakatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tony Harjono turut buka suara soal wacana pembentukan Angkatan Siber. Dia menyampaikan bahwa saat ini TNI AU sudah memiliki Satuan Siber.

Mereka juga terus mengupayakan agar satuan tersebut terus semakin kuat. Itu dilakukan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan. Tony menyatakan bahwa pendidikan siber itu dilakukan secara konsisten.

”Dimana kami didik anggota-anggota Angkatan Udara yang punya basic ilmu ITU, menjadi satuan-satuan siber,” kata dia. Selebihnya, orang nomor satu di Angkatan Udara tersebut menyampaikan, TNI AU mengikuti semua kebijakan yang diambil oleh Mabes TNI. 

Termasuk diantaranya jika nanti rencana pembentukan Angkatan Siber atau Matra Siber benar-benar terbentuk. Tony menegaskan bahwa TNI AU sudah siap. ”Angkatan Udara siap,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tony menyampaikan bahwa yang terpenting dari Sumber Daya Manusia (SDM) di Satuan Siber adalah profesionalisme. 

Karena itu, Tony tidak mempersoalkan bila penguatan satuan siber atau pembentukan Angkatan Siber nantinya diambil dari SDM sipil.

”Kalau memang kita punya Angkatan Siber, awak-awaknya gabungan dari TNI dengan sipil tidak masalah. Tapi, yang penting tujuan dibuat organisasi itu terkait apa, lebih ke situ. Kita tidak masalah dari sipil atau militer,” terang dia. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #muncul #wacana #pembentukan #angkatan #siber #ksau #pastikan #terus #perkuat #satuan #siber

KOMENTAR