Pilgub Jatim Menarik, Kemen PPPA Harap 3 Srikandi Bisa Berjuang untuk Isu Perempuan dan Anak
Kolase Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, dan Luluk Nur Hamidah. (ist)
20:16
9 September 2024

Pilgub Jatim Menarik, Kemen PPPA Harap 3 Srikandi Bisa Berjuang untuk Isu Perempuan dan Anak

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) turut menyoroti Pilkada Jawa Timur 2024 yang memiliki bakal calon seluruhnya perempuan. Yakni, Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, dan Luluk Nur Hamidah.

Plt. Sekretaris Kementerian PPPA, Titi Eko Rahayu, menyampaikan ketiga srikandi itu dinilai sama-sama memiliki komitemn yang besar terhadap isu perempuan dan anak.

"Jawa Timur ini menarik, termasuk provinsi dengan DPT (daftar pemilih tetap) cukup besar juga ya. Kemudian tiga srikandi maju sebagai calon kepala daerah. Nah ini tiga-tiganya juga punya komitmen yang besar," kata Titi dalam acara media talk Kemen PPPA di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Seperti Khofifah yang menjadi calon petahana serta memiliki berbagai pengalaman sebagai menteri, termasuk pernah menjadi Menteri PPPA tahun 1999-2001. Saat itu masih dinamai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (MenegPP).

Baca Juga: Ayah Tak Menafkahi Anak, Bagaimana Perspektif Hukum Islam dan Negara?

Risma juga dinilai Titi memiliki komitmen yang tinggi terkait isu perempuan dan anak.

"Ketika beliau menjadi Walikota Surabaya kemudian pada saat menjadi Menteri Sosial, beliau juga sangat peduli, sangat komitmen dengan isu-isu perempuan dan anak, terlebih anak-anak yang memang dari kelompok terlantar," katanya.

Sementara itu, Luluk kader PKB yang menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Titi menyebut kalau Luluk cukup agresif dalam mendukung terbitnya undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau TPKS selama menjadi anggota DPR.

Oleh sebab itu, Titi berharap siapa pun yang akan terpilih menjadi Gunernur Jawa Timur nantinya bisa mewujudkan komitmen tersebut dalam menciptakan pemberdayaan terhadap perempuan serta perlindungan terhadap anak.

"Saya yakin program yang ditawarkan, komitmennya juga menurut kami sama. Bahkan lebih kuat lah ya, karena beliau-beliau ini memang termasuk pejuang-pejuang untuk isu perempuan dan anak," kata Titi.

Baca Juga: Rizky Billar Ngamuk saat Putranya Disebut Anak Tukang Pukul

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #pilgub #jatim #menarik #kemen #pppa #harap #srikandi #bisa #berjuang #untuk #perempuan #anak

KOMENTAR