Daftar 7 Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN, Semua Dapat Sepeda
Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN [YouTube/Sekretariat Presiden]
17:15
17 Agustus 2024

Daftar 7 Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN, Semua Dapat Sepeda

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024) diramaikan dengan kehadiran tamu undangan yang memakai baju adat. Dalam acara ini, dipilih beberapa tamu undangan yang mengenakan busana adat terbaik untuk menjadi pemenang.

Para pemenang busana adat terbaik itu mendapat hadiah masing-masing sepeda warna putih dengan tulisan 'sepeda presiden Jokowi'.

Lantas siapa saja pemenang busana adat terbaik upacara 17 Agustus di IKN? Apa saja yang dinilai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Sekretariat Presiden hingga bisa jadi pemenang busana adat terbaik? Simak penjelasan berikut ini.

Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara HUT RI di IKN

Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN [YouTube/Sekretariat Presiden]Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN [YouTube/Sekretariat Presiden]

Ada 7 orang yang mendapat predikat busana adat terbaik pada Upacara HUT ke-79 RI di IKN. Berikut para pemenang busana adat terbaik:

Baca Juga: Beda dari Gibran, Selvi Ananda Tampil Anggun Pakai Baju Adat Lampung di HUT RI Ke-79

1. Donna Chandra Ginting
2. Muaiffah Yuliana
3. Abi Manyuarliandito
4. Lilis Suryani
5. Edi Sofyan
6. drg. Uswatun
7. Ibu La Nyalla Mattalitti (Istri ketua DPD La Nyalla Mattalitti)

Diketahui dalam upacara HUT ke-79 RI ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kompak mengenakan pakaian adat Kustin asal Kutai, Kalimantan Timur. Istilah Kustin berasal dari kata Kustin yang berarti kebesaran.

Baju Kustin ini dipakai sultan pada saat upacara penting di masa kesultanan Kutai Kartanegara. Baju adat Kutai ini dulunya hanya dapat dikenakan orang yang memiliki kasta tinggi.

Penilaian Pemenang Busana Adat Terbaik

Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN [YouTube/Sekretariat Presiden]Pemenang Busana Adat Terbaik di Upacara Kemerdekaan RI di IKN [YouTube/Sekretariat Presiden]

Penilaian para pemenang busana adat terbaik ini dilakukan terhadap bagaimana elemen tradisional yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan dengan tren kontemporer. Penilaian lainnya mempertimbangkan penggunaan bahan tradisional dan modern secara efektif.

Penilaian busana adat terbaik ini dilakukan oleh perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Sekretariat Presiden. Meski demikian, belum dapat diketahui secara pasti para pemenang busana adat terbaik tersebut menggunakan baju adat dari daerah mana saja.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Iriana Pakai Baju Adat Kutai Takwo Kustim Saat Upacara 17 Agustus di IKN

Para pemenang mendapatkan hadiah masing-masing sepeda yang berwarna putih dengan tulisan 'sepeda presiden Jokowi'. Semua pemenang juga mendapatkan ucapan langsung dari Presiden Jokowi.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #daftar #pemenang #busana #adat #terbaik #upacara #kemerdekaan #semua #dapat #sepeda

KOMENTAR