Cut Intan Nabila Disebut Kirim Kode Empat Jari Korban KDRT di Unggahan Medsos, Apa Artinya?
Cut Intan Nabila (Instagram/@cut.intannabila)
10:44
15 Agustus 2024

Cut Intan Nabila Disebut Kirim Kode Empat Jari Korban KDRT di Unggahan Medsos, Apa Artinya?

Ramai jadi perbincangan Cut Intan Nabila mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) suaminya, Armor Toreador. Warganet pun menduga bahwa Cut Intan sebenarnya sudah memberikan isyarat minta pertolongan melalui kode empat jari korban KDRT.

Dugaa Cut Intan sudah meminta kode pertolongan ini ditemukan dari video lawas di akun Instagram pribadinya.  Dalam video yang diunggah seminggu sebelum video KDRT-nya diunggah, tampak Cut Intan sedang memperlihatkan ASIP (Air Susu Ibu Perah).

Dalam video tersebut, tampak juga Cut Intan tengah menata ASIP dalam wadah yang diletakan di atas meja, kemudian Ia memperlihatkan kode empat jari lewat tangan kirinya dan menggunakan efek slow motion. Pada tangan kanannya juga tampak lebam.

Ilustrasi kode empat jari korban KDRT (Instagram/cut.intannabila)Ilustrasi kode empat jari korban KDRT (Instagram/cut.intannabila)

Menurut berbagai sumber, jika seseorang dalam bahaya, ada sejumlah kode petolongan yang bisa digunakan. Salah satunya kode empat jari terbuka dan ibu jari tertutup. Kode empat jari korban KDRT ini pun diduga dilakukan juga oleh Cut Intan.

Baca Juga: Apa Tugas dan Jabatan Mulan Jameela di DPR? Bantu Cut Intan Nabila Jebloskan Armor Toreador ke Penjara

Makna Kode Empat Jari

Kode Empat Jari atau dikenal juga dengan istilah The Signal for Help ini merupakan kode isyarat tangan seseorang yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut sedang berada dalam kondisi berbahaya atau terancam atau sedang butuh bantuan.

Seseorang bisa menggunakan kode isyarat pertolongan ini melalui video call, secara langsung atau bisa juga melalui unggahan video. Kode empat jari ini diperkenalkan pertama kali oleh oleh Canadian Women's Foundation pada April 2020, tepatnya saat Pandemi Covid-19.

Kode-kode Lain untuk Minta Pertolongan

Selain kode empat jari, ada juga beberapa  kode lainnya yang menunjukan memohon pertolongan. Melansir dari berbagai sumber, adapun kode-kode meminta pertolongan tersebut yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Sama-Sama Dukung Cut Intan Nabila, Intip Beda Bantuan Henny Rahman dan Larissa Chou

1.  Minta ‘ANI’ di apotek

Bukan hanya kode bahaya atau minta pertolongan melalui gestur tubuh, ada juga beberapa kata yang bisa digunakan sebagai kode isyarat untuk meminta bantuan jika sedang dalam bahaya atau terancam. Adapun kode tersebut yaitu meminta ANI saat di apotek.

ANI (action needed immediately) ini merupakan butuh tindakan segera. Adapun kata ANI ini bisa digunakan untuk minta pertolongan dengan cepat. Jika petugas apotek memahami kode tersebut, maka harus segera  menghubungi polisi untuk mengamankan korban.

2.   Memesan ‘Angela’ di hotel

Ask for Angela ini merupakan kode pertolongan yang diperkenalkan tahun 2015 di perhotelan. Kode ini dirancang guna membantu mencegah tindakan kekerasan seksual. Kode isyarat ini dilakukan dengan cara ‘memesan Angela’ ke petugas hotel terdekat.

Jika petugas hotel menerima kode tersebut, maka petugas hotel pun harus segera membantu mengamankan korban dari situasi terancam atau berbahaya. Setelah itu, telepon polisi untuk membantu mengamankan korban.

3. Beli ‘Angle Shot’

Ada juga kode lainnya jika ingin minta pertolongan yaitu kode ‘angle shot’. Angel shot ini merupakan kode nama minuman yang bisa dipesan di bar. Kode ini bisa digunakan guna menandakan bahwa mereka sedang merasa tak nyaman atau tidak aman.

Demikian ulasan mengenai kode empat jari korban KDRT seperti yang tampak dalam video Cut Intan Nabila di akun Instagram dan makna kode empat jari serta kode-kode lain untuk minta pertolongan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #intan #nabila #disebut #kirim #kode #empat #jari #korban #kdrt #unggahan #medsos #artinya

KOMENTAR