Fantastis! Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Tangsel Ahmad Riza Patria Tembus Angka Rp19 Miliar
Pasangan Pilwalkot Tangsel Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto. [Suara.com/Aldie]
08:58
10 Juli 2024

Fantastis! Harta Kekayaan Bakal Calon Wali Kota Tangsel Ahmad Riza Patria Tembus Angka Rp19 Miliar

Marshel Widianto resmi akan maju untuk Pilwalkot Tangerang Selatan pada Pilkada 2024 mendatang. Komika satu ini sendiri nantinya akan maju bersama sosok Ahmad Riza Patria.

Kabar dirinya yang akan mendampingi Marshel Widianto ini membuat nama Ahmad Riza Patria langsung menjadi disorot. Hal ini karena Ahmad Riza Patria sendiri diketahui memiliki berbagai pengalaman di bidang politik.

Ahmad Riza Patria pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia juga pernah mengemban tanggung jawab sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI pada periode 2014-2019. Hingga kini Ahmad Riza Patria masih menjabat sebagai Anggota DPR periode 2019-2024 sebagai Wakil Ketua Komisi V.

Selain memiliki beberapa pengalam di bidang politik, Ahmad Riza Patria diketahui memiliki harta kekayaan melimpah. Bahkan, jumlah harta kekayaan yang dimilikinya itu bisa sampai miliaran rupiah.

Baca Juga: Sandiaga Dilirik PKB untuk Pilgub Jabar, PPP: Kader Kami Laku!

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2020, Ahmad Riza Patria memiliki total harta kekayaan yang mencapai Rp 19 miliar. Ia memiliki harta tanah dan bangunan dengan total Rp 17,2 miliar. Beberapa tanah miliknya di antaranya.

  • Tanah dan Bangunan Seluas 92.7 m2/92.7 m2 di Jakarta Selatan seharga Rp 2,9 miliar.
  • Tanah seluas 500 m2 di Jakarta Selatan seharga Rp 3,2 miliar.
  • Tanah dan Bangunan Seluas 368 m2/250 m2 di Jakarta Pusat seharga Rp 8,6 miliar.
  • Tanah Seluas 390 m2 di Tangerang seharga Rp 2,3 juta.

Bukan hanya tanah dan bangunan, kekayaan lainnya yang dimiliki Ahmad Riza Patria yakni dari kendaraan. Ia memiliki sejumlah kendaraan di antaranya:

  • Mobil Toyota Vellfire Minibus seharga Rp 300 juta.
  • Mobil Honda Freed Minibus seharga Rp 185 juta.
  • Mobil Toyota Inova Minibus seharga Rp 320 juta.

Itu dia kendaraan yang dimiliki Ahmad Riza Patria. Ia juga memiliki harta bergerak lainnya dengan total Rp 283 juta, kas dan setara kas Rp 436,8 juta, serta harta lainnya Rp 330 juta. Dengan demikian harta kekayaannya yakni mencapai Rp 19 miliar.

Alasan Gerindra Dukung Ahmad Riza Patria - Marshel Widianto

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudian menanggapi langkah politik Partai Gerindra yang mengusung Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Tangsel.

Baca Juga: Dicap Mahfud Tak Layak Gelar Pilkada Gegara Ketuanya Cabul, Wapres Maruf Bela KPU: Tak Semua Kena, yang Bersalah Saja

Dia menyebut langkah Gerindra ini menunjukkan motif untuk menyiapkan penantang baru bagi petahanan yang diusung Partai Golkar yaitu Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan.

“Kalau Riza Patria dan Marshel kan bagian dari penantang yang dianggap kuat agar incumbentnya tidak melawan kotak kosong, agar partai-partai politik tidak diborong oleh incumbent,” kata Ujang kepada Suara.com, Sabtu (6/7/2024).

“Saya sih melihat mungkin motif Partai Gerindra ya ingin agar ada kekuatan penyeimbang atau ada lawan politik bagi incumbent itu dan ini dinamika yang bagus menurut hemat saya,” tambah dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengonfirmasi partainya akan mengusung Ahmad Riza Patria dengan Marshel Widianto untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu dia sampaikan sekaligus mengonfirmasi soal beredarnya poster duet Riza Patria dengan Marshel di media sosial.

Pada poster itu, tertulis AM:PM yang merupakan singkatan dari 'Ariza Marshel Pasti Menang' untuk Tangsel.

"Gerindra akan mengusung pasangan Ariza Patria-Marshel Widianto untuk Tangsel maju," kata Dasco saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (6/7/2024).

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #fantastis #harta #kekayaan #bakal #calon #wali #kota #tangsel #ahmad #riza #patria #tembus #angka #rp19 #miliar

KOMENTAR