Kapan Puasa Asyura dan Tasua 2024? Ini Jadwal Puasa Bulan Muharram, Bacaan Niat dan Keutamaannya
Ilustrasi puasa asyura dan tasua 2024 (Freepik)
12:58
8 Juli 2024

Kapan Puasa Asyura dan Tasua 2024? Ini Jadwal Puasa Bulan Muharram, Bacaan Niat dan Keutamaannya

Bulan Muharram adalah penuh barokah. Pada bulan tersebut, umat Muslim disunnahkan untuk puasa Asyura dan Tasua. Lantas, kapan puasa asyura dan tasua 2024? Berikut ini ulasan jadwalnya lengkap dengan bacaan niat dan keutamaannya.

Diketahui bahwa bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan kalender Hijriyah. Sebagai bulan yang penuh berkah, umat Muslim pun dianjurkan untuk berpuasa pada bulan tersebut sebagaimana dalam hadis berikut.

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Adapun puasa disunnahkan di bulan Muharram yaitu puasa Asyura dan Tasua. Nah untuk mengetahui kapan puasa asyura dan tasua 2024, simak berikut ini jadwalnya lengkap dengan bacaan niat dan keutamaannya.

Baca Juga: Puasa Muharram Berapa Hari? Simak Jadwal di Juli 2024, Bacaan Niat dan Keutamaannya

Jadwal Puasa Asyura dan Tasua 2024

Untuk jadwal pelaksanaan puasa Asyura dan Tasua yaitu puasa Tasua dilaksanakan pada setiap tanggal 9 Muharram dan puasa Asyura pada tangga 10 Muharram. Berdasarkan SKB 3 Menteri, adapun puasa Tasua dan Asyura berlangsung pada tanggal berikuta:

  • Puasa Tasua 9 Muharram 1446 H bertepatan dengan tanggal 15 Juli 2024
  • Puasa Asyura 10 Muharram 1446 H bertepatan dengan tanggal 16 Juli 2024

Bagi yang akan melaksanakan puasa Tasua dan Asyura maka harus membaca niatnya terlebih dulu. Bacaan niat bisa dilakukan pada malam hari selepas Isya atau saat sahur. Atau Bisa juga pada pagi hari dengan catatan belum batal. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

  • Niat Puasa Tasua 9 Muharram

نَوَيْتُ صَوْمَ تَسُعَاءَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى.

Baca Juga: 25 Ucapan Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Bisa Jadi Status WhatsApp dan Postingan di Instagram

Naiwaitu shauma tasu'aa-i sunnatan lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Saya berniat puasa sunnah Tasu'a karena Allah Ta'ala.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُرَ سُنَّةٌ لِلَّهِ تَعَالَى.

Naiwaitu shauma 'aasyura sunnatan lillaahi ta'aalaa

Artinya: Saya berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Ta'ala.

Keutamaan Puasa Tasua dan Asyura

Melaksanakan puasa Tasua dan Asyura memiliki beberapa keutamaan. Adapun salah satu keutamaannya yaitu puasa terbaik setelah Ramadhan. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwyatakn oleh Imam Ahmad, Muslim, dan Abu Daud berikut ini:

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah ditanya, "Salat manakah yang lebih utama setelah salat fardhu?" Kemudian Rasulullah menjawab, "Yaitu salat di tengah malam." Lalu ada lagi yang bertanya kepadanya, "Puasa manakah yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?" dan Rasulullah bersabda, "Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharram." (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Daud)

Selain itu, ada juga keutamaan lainnya yaitu sebagai penghapus dosa setahun lalu. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:

"Puasa Arafah menghapus dosa dua tahun yang lalu dan yang akan datang, sementara puasa Asyura menghapus dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)

Demikian ulasan mengenai kapan puasa asyura dan tasua 2024 lengkap dengan jadwal, bacaan niat, dan keutamaannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #kapan #puasa #asyura #tasua #2024 #jadwal #puasa #bulan #muharram #bacaan #niat #keutamaannya

KOMENTAR