Gemasnya Tingkah La Lembah Ajak Ngobrol Janin Erina Gudono, Ini Sederet Manfaatnya Buat Bumil
Potret La Lembah Manah (TikTok @jimboengbakoelsoto)
14:47
19 Juni 2024

Gemasnya Tingkah La Lembah Ajak Ngobrol Janin Erina Gudono, Ini Sederet Manfaatnya Buat Bumil

Kehamilan istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono, tidak hanya menjadi kebahagiaan bagi pasangan tersebut. Tapi nampaknya salah satu keponakan mereka, La Lembah Manah, juga ikut gembira lantaran akan punya saudara sepupu baru. Anak bungsu Gibran Rakabuming itu seperti tak sabar menunggu adik sepupunya itu lahir.

Dibagikan Erina lewat postingan Instagram story, La Lembah rupanya telah sering mengajak ngobrol calon adik sepupunya yang masih di dalam perut. Aktivitas itu dia lakukan sambil sesekali mengelus perut Erina.

"Dek lembah paling rajin ngobrol sama baby," tulis Erina pada postingan video Instagram story pribadinya, dikutip Rabu (19/6/2024).

Dengan suaranya yang menggemaskan, La Lembah bertanya kepada Erina kondisi adik bayi di dalam perut.

Baca Juga: Bikin Giveaway Tasyakuran Kehamilan, Erina Gudono Ramai Disindir: Nanti Anaknya Dapat Jabatan Apa?

"Dedeknya lagi bobo?" tanya La Lembah yang langsung diiyakan oleh Erina. Menantu Presiden Joko Widodo itu kemudian menyuruh La Lembah untuk memegang perutnya.

La Lembah Ajak Ngobrol Janin Erina Gudono. (Instagram/@erinagudono)La Lembah Ajak Ngobrol Janin Erina Gudono. (Instagram/@erinagudono)

"Nih, di dalam sini. Coba pegang," kata Erina. Balita 4,5 tahun itu kemudian menuruti permintaan Erina. Sambil tersenyum lebar, La Lembah mengelus perut Erina yang nampak makin membesar. Diketahui bahwa kehamilan Erina diperkirakan telah masuk usia lima bulan.

Saat usia tersebut, janin memang telah lebih kuat. Bahkan ibu telah bisa merasakan gerakan janin dari dalam perut, seperti menendang. Pada usia itu, janin juga telah bisa mendengar suara dari luar. Karena mengajak bicara janin termasuk aktivitas yang bermanfaat.

Dikutip dari Alodokter, rutin berbicara dengan bayi saat ia masih berada di dalam kandungan dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya:

1. Merangsang pendengaran bayi

Baca Juga: Kaesang Pangarep Pernah Utang Jutaan Rupiah ke Paspampres, Apa Penyebabnya?

Sebagian besar proses perkembangan indera pendengaran bayi terjadi di dalam kandungan. Selama proses ini berlangsung, bayi bisa terus diberi rangsangan berupa suara, misalnya dengan sering berbicara, menyanyikan lagu, atau memutar musik yang pelan untuknya. Suara-suara yang didengar janin dapat merangsang sistem saraf dan otaknya, agar fungsi pendengarannya dapat menjadi lebih peka. Dengan demikian, kemampuan mendengar bayi akan lebih optimal ketika sudah lahir.

2. Memperkenalkan bahasa yang digunakan

Bahasa bisa mulai diperkenalkan kepada anak sejak dia masih di dalam perut. Semakin sering ibu maupun orang di sekitarnya berbicara atau bernyanyi, maka semakin banyak kata yang bisa didengar oleh janin. Bahasa yang didengar janin selama dalam kandungan akan diingat sampai ia lahir dan tumbuh besar nanti.

3. Membuat bayi merasa lebih nyaman

Saat mendengar suara ibunya, janin bisa merasa tenang dan nyaman. Di saat-saat tertentu, ia juga bisa lebih aktif bergerak apabila diajak berbincang atau mendengarkan musik. Suara yang didengar janin juga dapat membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan situasi di sekelilingnya saat sudah lahir nanti.

4. Membangun kedekatan emosional

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa rutin mengajak bayi berbicara saat masih di dalam kandungan dapat membangun ikatan emosional antara ibu dan bayi. Setelah lahir nanti, bayi yang sudah terbiasa mendengar suara ibunya akan merasa lebih tenang dan tidak mudah rewel setiap kali ibunya mengajak berkomunikasi.

5. Memupuk kecerdasan bayi

Stimulus yang diterima janin ketika ibu mendengarkan musik, berbicara dengannya, atau membacakan buku cerita dapat merangsang kecerdasannya. Tidak hanya itu, sering berkomunikasi atau mendengar musik bersama juga dapat membuat ibu lebih relaks dan mengurangi stres yang dialami selama masa kehamilan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #gemasnya #tingkah #lembah #ajak #ngobrol #janin #erina #gudono #sederet #manfaatnya #buat #bumil

KOMENTAR