Komentari Hukum Musik-Viral Tes DNA, Benarkah Habib Jafar Keturunan Nabi?
Habib Jafar (Ig/husein_hadar) - Komentari Hukum Musik-Viral Tes DNA, Benarkah Habib Jafar Keturunan Nabi?
09:18
17 Mei 2024

Komentari Hukum Musik-Viral Tes DNA, Benarkah Habib Jafar Keturunan Nabi?

Baru-baru ini sosok Habib Jafar tengah menjadi perhatian publik, usai memberi pendapat soal hukum musik. Tak hanya itu beredar pula hasil tes DNA Habih Husein Ja'far Al Hadar atau dikenal Habib Jafar yang diklaim dominan keturunan Inggris. Lantas benarkah Habib Jafar keturunan Nabi

Mengenai hukum musik, sebenarnya sudah beberapa kali disinggung oleh Habib Jafar dalam dakwahnya. Namun kali ini berbeda, sebab ia berpendapat tentang hukum musik usai Ustaz Adi Hidayat mengungkap hukum musik halal dalam Islam hingga disebut kafir melalui sebuah ceramah. 

Habib Jafar memiliki pendapatnya sendiri, meski begitu ia tidak menghakimi salah satu pihak. Sebab ada perbedaan pendapat mengenai hal ini. 

"Jadi ada perbedaan pendapat soal musik. Ada yang bilang musik itu haram, ada yang bilang musik itu halal, tergantung kita merujuk kepada ulama yang mana dengan segala dalilnya," kata Habib Jafar saat mengisi kanal YouTube Taulany TV. 

"Pertama-tama guidance-nya (panduan) sesuatu yang sifatnya khilafiyah, terjadi perbedaan pendapat dalam satu hukum jangan kemudian yang satu memutlakkan dan menganggap yang lain salah," sambungnya. 

Habib Jafar sendiri menilai bahwa musik halal dalam Islam. Sementara itu, ia meminta agar pihak yang berbeda pendapat ini dapat menghargai keyakinannya masing-masing. 

"Ketika lu bilang musik halal, berarti yang haram itu dosa, nggak ada dalilnya, enggak. Menurut gua halal, tapi kalau yang meyakini haram silakan," ungkap Habib Jafar. 

"Sebaiknya kita toleran dan menerima perbedaan karena masing-masing ada dalilnya," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Habib Jafar menyebut jika musik bisa dikatakan haram apabila mengandung unsur kemaksiatan di dalamnya hingga menyebabkan mabuk-mabukan. 

Di sisi lain, sosoknya juga menuai sorotan usai beredar hasil tes DNA yang mengatakan bahwa ia dominan keturunan Inggris. Hal ini seperti diunggah oleh akun TikTok @pribumi.asli1 dan YouTube @Alparttegal.

Dalam unggahan yang viral di medsos itu, dinarasikan bahwa Habib Husein bin Ja'far Al Hadar atau akrab disapa dengan Habib Jafar banjir pujian lantaran sudah berani melakukan tes DNA.   

"Habib Ja'far Terbukti Bukan Keturunan Nabi Dan Kita Semua Salut Akan Keberaniannya Untuk tes DNA.. Kini Kita Panggil Bang Ja’far Karena Tidak Ada lagi Gelar Habib Nya..!!," tulis pengunggah sebagai caption video unggahan tersebut.  

Selain itu, dalam narasi unggahan yang viral tersebut juga turut dicantumkan hasil tes DNA yang diklaim milik Habib Ja'far. Di mana hasilnya disebutkan bahwa DNA dominan dari Habib Ja'far merupakan keturunan Inggris. Berikut ini narasi berisikan hasil tes DNA yang beredar di TikTok dan YouTube: 

Hasil TES DNA habib Husein Ja'far Al Hadar:  

• Gen/keturunan Inggris 47%,  

• Gen/keturunan Francis 33%,  

• Gen/keturunan Rusia 10%, dan  

• Gen/Keturunan adat leluhurnya (gatau leluhurnya adatnya apa) 10%.  

"Berani tes DNA, dan Allah SWT buktikan melalui Hasil Tes DNA nya dan tidak ada sama sekali darah hijaz yang mana dengan Rasulullah SAW berasal. Jadi sudah tidak boleh lagi mengaku cucu Rasulullah SAW, tapi kita salut akan Fair nya beliau habib husein ja'far," demikian narasi dalam video soal DNA Habib Ja'far.

Berdasarkan penelusuran, dilihat dari akun media sosialnya, Habib Jafar sampai saat ini belum merespons soal beredarnya narasi yang diduga hasil tes DNA miliknya di YouTube dan TikTok. Namun kuat dugaan video tersebut adalah hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Sebab, terkait pertanyaan benarkah Habib Jafar keturunan Nabi, sudah pernah disinggung sebelumnya. Habib Ja'far tercatat sebagai keturunan yang ke-38 dari Nabi Muhammad SAW.

Hal ini diperkuat dengan adanya catatan Rabithah Alawiyah, sebuah lembaga khusus yang mendata seluruh keturunan langsung sang Rasul. Meski demikian, ia mengaku sempat merasa terbebani terutama saat masih kecil. 

Dalam sebuah interview di televisi yang dipandu oleh Vincent dan Desta, Habib Jafar menjelaskan bahwa panggilan Habib bukan sebuah keuntungan yang bisa dimanfaatkan. 

“Bukan untuk sombong, bukan untuk privilege tapi justru sebagai tanggung jawab agar dia menjadi yang terdepan dalam memberikan teladan tentang nabi Muhammad, khususnya bab Cinta. Karena habib itu artinya yang mencintai dan dicintai,” ujar Habib Jafar.

Pendakwah yang berasal dari Madura ini mengakui jika dirinya merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia pun menjelaskan tentang lembaga yang mencatat garis keturunannya.

“Ada lembaganya, namanya Robitoh Alawiyah di Indonesia  di Jalan TB Simatupang,” ungkap Habib Jafar.

Nah itu tadi pembahasan tentang benarkah Habib Jafar keturunan Nabi. Semoga informasi tersebut bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #komentari #hukum #musik #viral #benarkah #habib #jafar #keturunan #nabi

KOMENTAR