Sosok Hainul Nur Fitriyani, Ibu Teuku Ryan yang Ikut Disebut dalam Putusan Cerai
Orang tua Teuku Ryan (kiri). (Instagram/yunifahlismawati )
11:44
6 Mei 2024

Sosok Hainul Nur Fitriyani, Ibu Teuku Ryan yang Ikut Disebut dalam Putusan Cerai

Kasus perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan akhirnya berakhir di meja hijau. Keduanya resmi bercerai melalui putusan e-court pada Kamis (2/5/2024) lalu setelah 2,5 tahun menjalin biduk rumah tangga.

Kisruh rumah tangga Ricis dan Teuku Ryan mulai terendus publik usai Ricis kerap "curhat" soal rumah tangganya di media sosial hingga berkeluh kesah tentang peran suami dan istri. Tak hanya itu, Ricis juga sempat menyebut soal keterlibatan ibu Teuku Ryan, Hainul Nur Fitriyani dalam permasalahan rumah tangganya.

Bahkan, Ricis menyebut di dalam dokumen putusan cerainya bahwa sang mantan suami kerap membela sang ibu dibanding dirinya, terlebih saat Ricis masih dalam keadaan hamil. Ricis juga memberikan kesaksian bahwa ibu Teuku Ryan kerap mengomentari rumah tangganya sehingga membuatnya sakit hati.

Tak hanya itu, Ricis juga pernah mengunggah sebuah postingan yang menyindir sang mantan suami lantaran Ryan kerap mengirimkan uang ke sang ibu tanpa sepengetahuan Ricis.

Lalu, siapa sosok Hainul Nur Fitriyenni, ibunda Teuku Ryan ini? Simak inilah selengkapnya.

Sosok Hainul Nur Fitriyani

Mertua Ria Ricis ini mulai disoroti publik usai Ricis diketahui mulai menjalin hubungan dengan sang anak, Teuku Ryan pada tahun 2021 lalu.

Sosok Hainul Nur Fitriyani ini muncul dalam rangkaian acara pernikahan Ricis dan Ryan sejak lamaran hingga resepsi mewah yang digelar di salah satu hotel berbintang di Jakarta pada tahun 2021 lalu.

Hainul sendiri memiliki dua orang anak dari pernikahannya dengan Teuku Rustam, yaitu Teuku Ryan dan Cut Rushayu Putri. Ibunda Ryan ini diketahui berasal dari Langsa, Aceh. Sehari-hari, mertua Ricis ini bekerja sebagai salah satu tenaga kesehatan di rumah sakit di Langsa, Aceh.

Ia diketahui merupakan lulusan dari Universitas Muhammadiyah Aceh. Ia juga pernah menempuh pendidikan di Sekolah Pendidikan Perawat (SPK) Departemen Kesehatan (Depkes).

Ryan kerap mengajak sang ibu untuk mengunjungi rumahnya dan Ricis di Jakarta. Pada awal pernikahannya dengan Ricis, ibu Ryan tampak begitu akrab dengan menantunya tersebut.

Terlebih lagi, adik Ryan yaitu Cut Rushayu Putri atau Puput juga sempat tinggal di rumah Ricis sehingga Hainul juga sering bolak-balik Langsa-Jakarta untuk mengunjungi kedua anaknya tersebut.

Namun, desas-desus soal keretakan rumah tangga Ricis dan Ryan pun mulai terendus usai Ricis sempat menyindir sang mertua soal uang. 

Puncak konflik rumah tangga Ricis pun berakhir dengan gugatan cerainya kepada Ryan pada awal 2024 lalu.

Ricis pun tak segan menyebutkan beberapa poin alasannya untuk menggugat cerai Ryan, termasuk sang mertua yang dianggap sering ikut campur dalam urusan rumah tangganya.

Ibu Teuku Ryan Disebut Dalam Putusan Cerai

Mengutip dari Putusan PA Jakarta Selatan Nomor 547/Pdt.G/2024/PA.JS, ketidakakuran Ria Ricis dengan Hainul Nur Fitriyani ini terjadi sejak awal bulan Ramadan 2022.

Ria Ricis merasa tersinggung dengan perkataan Hainul Nur Fitriyani yang sempat mengomentari menu berbuka puasa yang telah disiapkannya untuk Teuku Ryan. Diketahui, saat itu Ria Ricis menyiapkan es kurma susu.

"Tergugat menyatakan apabila hal ini terkait dengan soal 'es kurma susu' yang disiapkan Penggugat untuk berbuka puasa di tahun pertama setelah menikah. Dan ternyata dikomentari oleh Ibu Tergugat dengan kalimat, 'Sejak kapan Tergugat minum es, bukankah selama ini Tergugat ada riwayat amandel?'," keterangan dalam putusan cerai.

Sementara Ria Ricis merasa sakit hati dengan perkataan mantan ibu mertuanya, Teuku Ryan menganggap apabila masalah tersebut sebetulnya tidak perlu dibesar-besarkan. Pasalnya, ia merasa sang ibu tak bermaksud menyinggung Ria Ricis.

"Rasanya bukan hal yang perlu dibesarkan dan lalu Penggugat merasa tidak dihargai karena sudah menyiapkan 'es kurma susu' tersebut. Lagi-lagi Ibu Tergugat hanya menanyakan dan menyarankan, bukan berarti tidak boleh. Lalu Penggugat sakit hati dan menceraikan Tergugat," keterangan dalam putusan cerai.

"Inilah persoalan awal yang menyebabkan Penggugat tidak suka terhadap Ibu Tergugat sampai dengan sekarang, padahal sebelum menikah Penggugat dan Ibu Tergugat sangat rukun dan akrab," keterangan dalam putusan cerai.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sosok #hainul #fitriyani #teuku #ryan #yang #ikut #disebut #dalam #putusan #cerai

KOMENTAR