Tak Hanya Hiburan Semata: Intip 7 Manfaat Menonton Film, Salah Satunya Menginspirasi Anda Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
Ilustrasi orang yang sedang menonton film. /Sumber foto: freepik/krakenimages.com
06:02
4 Mei 2024

Tak Hanya Hiburan Semata: Intip 7 Manfaat Menonton Film, Salah Satunya Menginspirasi Anda Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

 

 

 - Menonton film tidak hanya tentang hiburan semata, tetapi juga membawa sejumlah manfaat yang berharga bagi kesejahteraan dan perkembangan pribadi seseorang.

Selain menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang, film juga memiliki kemampuan untuk memengaruhi Anda dalam menjalani kehidupan.

Dilansir dari Breo Box pada Jumat (3/5), terdapat 7 manfaat menonton film yang mungkin belum Anda sadari dan bagaimana menonton film dapat membawa dampak positif dalam kehidupan Anda sehari-hari.

1. Membantu mengatasi stres

Menonton film dapat menjadi alat yang baik untuk melarikan diri dari situasi stres dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, film romantis dan komedi bisa membantu Anda mengatasi masalah yang Anda alami dalam kehidupan nyata.

Studi telah menunjukkan bahwa menonton film komedi dapat mengurangi tingkat hormon stres dan tekanan darah.

Menurut penelitian dari Universitas Maryland, film-film komedi dan film yang membuat orang tertawa dapat membuat pembuluh darah melebar, yang pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi tingkat stres yang dirasakan.



2. Membantu Anda menghadapi situasi sulit

Film tidak hanya sebagai hiburan semata, namun juga sering kali mengajarkan Anda pelajaran hidup dan membantu Anda menghadapi situasi yang sulit dalam kehidupan.

Menurut Gary Solomon, seorang ahli dalam bidang cinema therapy, jika Anda sedang menghadapi masalah hidup yang sulit, Anda dapat memilih film dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasi yang sedang Anda hadapi.

Dengan menonton film dengan tema tersebut dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan perasaan yang sulit.

Dengan cara ini, film dapat menjadi alat yang kuat untuk memberikan pemahaman dan dukungan dalam menghadapi masalah hidup yang berat.

3. Membantu Anda belajar hal baru

Menonton film bisa menjadi cara yang bagus untuk memperluas kosakata dan belajar bahasa asing. Selain itu, menonton film juga bisa mengubah cara Anda memandang orang lain dan isu-isu yang Anda hadapi setiap hari.

Anda bisa belajar bahasa baru, memahami budaya lain, menggali lebih dalam tentang peristiwa sejarah, dan masih banyak lagi hanya dengan menonton film.

Menonton film bisa menjadi cara yang menyenangkan dan informatif untuk terus belajar dan mengembangkan pemahaman Anda tentang dunia.



4. Memberikan dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan

Ketika seseorang menonton film, secara tidak langsung ini dapat membantu mengubah pikiran negatif, mengatasi kebiasaan buruk, dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi berbagai peristiwa dalam kehidupan.

Selain itu, film-film seperti komedi bisa membuat Anda tertawa, yang dapat memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Bahkan, tertawa selama 15 menit dianggap setara dengan berolahraga.

Sedangkan film-film sedih, meskipun membuat Anda merasa sedih, juga bisa memiliki efek positif pada kimia otak Anda.

Menonton film sedih dapat meningkatkan produksi endorfin, dimana endorfin ini dapat membantu meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

5. Meningkatkan kreativitas

Menonton film-film seperti film fantasi membantu Anda untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan menggunakan imajinasi dalam memecahkan masalah.

Anda akan mendapatkan inspirasi dari menonton film yang menarik, dan Anda sering kali mendapatkan berbagai ide kreatif setelah menontonnya. Pasalnya, saat Anda menonton film, otak Anda akan merangsang imajinasi dan kreativitas.



6. Melarikan diri dari kenyataan

Terkadang, Anda membutuhkan waktu untuk melarikan diri dari kenyataan. Salah satu cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menonton film di tempat tidur yang nyaman.

Film bisa membuat Anda merasa bahagia dan tertawa, bahkan ketika Anda sedang menghadapi masalah. Selain itu, film selalu menjadi pilihan hiburan yang baik karena mereka bisa meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa senang.

7. Menginspirasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik

Kadang-kadang, Anda memiliki kutipan atau adegan favorit dari film yang Anda gunakan sebagai pegangan ketika Anda menghadapi situasi sulit dalam kehidupan nyata.

Dimana ini memiliki kemampuan untuk memberikan kesan yang besar pada Anda dan dapat mempengaruhi perkembangan pribadi Anda.

Menonton film dapat menginspirasi Anda untuk melakukan perubahan positif dalam hidup, seperti memaafkan seseorang, memperbaiki hubungan dengan orang yang Anda sayangi, atau bahkan melakukan aksi sukarela.

Film sering kali mengajarkan nilai-nilai moral dan memberikan motivasi bagi Anda untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hanya #hiburan #semata #intip #manfaat #menonton #film #salah #satunya #menginspirasi #anda #menjadi #pribadi #yang #lebih #baik

KOMENTAR