Rogoh Anggaran Kementerian Buat Ultah Cucu, Berapa Gaji SYL saat Jabat Mentan?
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementan)
17:03
25 April 2024

Rogoh Anggaran Kementerian Buat Ultah Cucu, Berapa Gaji SYL saat Jabat Mentan?

Publik belakangan dihebohkan dengan pernyataan mantan Kasubag Rumah Tangga Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian (Kementan), Isnar Widodo. Pasalnya, Isnar Widodo dalam persidangan menyebut ada permintaan reimburse untuk acara ulang tahun (ultah) cucu mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Diketahui SYL didakwa menerima serta melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Selain meminta reimbursement untuk ulang tahun cucu, SYL juga disebut menyalahgunakan anggaran Kementan untuk biaya skincare anak dan cucunya.

Pakai uang kementerian untuk ultah cucu hingga skincare anak, berapa sih gaji SYL saat masih menjabat sebagai Menteri Pertanian?

Gaji Eks Mentan SYL

Gaji menteri diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 68 tahun 2001. Gaji pokok menteri Presiden Joko Widodo termasuk SYL sebesar Rp 5.040.000.

Selain gaji pokok, para menteri juga mendapat tunjangan Rp 13.608.000. Tak hanya tunjangan, para menteri juga mendaapatkan dana operasional, tunjangan kinerja, protokoler, dan dana taktis yang jumlahnya bervariasi mulai dari Rp 100 hingga Rp 150 juta.

Menteri juga diberi fasilitas lain seperti rumah, kendaraan dinas, hingga jaminan kesehatan.

Soal kekayaan, SYL tercatat memiliki harta Rp 20,05 miliar per 31 Desember 2022. Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kekayaan itu terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp 11,31 miliar.

SYL juga memiliki kekayaan berbentuk alat transportasi dan mesin sebesar Rp 1,47 miliar. Sementara harta bergerak lainnya sebesar Rp 1,1 miliar, serta kas dan setara kas Rp 6,1 miliar.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #rogoh #anggaran #kementerian #buat #ultah #cucu #berapa #gaji #saat #jabat #mentan

KOMENTAR