Riwayat Pendidikan Mentereng Shin Tae-yong: Lulusan Kampus Lokal, Cetak Sejarah di Negeri Luar
Shin Tae Yong (Instagram/shintaeyong7777)
09:01
24 April 2024

Riwayat Pendidikan Mentereng Shin Tae-yong: Lulusan Kampus Lokal, Cetak Sejarah di Negeri Luar

Timnas Indonesia berhasil mencatat rekor baru lolos ke babak 8 besar Piala Asia U23 2024. Hal ini tentu saja tak lepas dari campur tangan Shin Tae-yong yang menjadi juru taktik tim berjuluk Garuda Muda tersebut.

Rizky Ridho cs diketahui baru saja membantai Timnas Yordania dengan skor akhir 4-1 pada Minggu (21/4/2024). Hal ini yang menjadikan skuad Garuda lolos ke perempat final Piala Asia U23 2024 sebagai runner up Grup B.

Berhasil membawa Timnas Indonesia mencetak sejarah baru, sejumlah hal mengenai Shin Tae-yong tentu saja kini tak luput dari sorotan, termasuk dengan riwayat pendidikannya. Berikut adalah ringkasan informasinya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)

Riwayat Pendidikan Shin Tae-yong

Sebelum menjadi pelatih sepak bola profesional, Shin Tae-yong merupakan mantan pemain sepak bola klub Ilhwa Chunma atau yang kini berganti nama menjadi Seongnam FC pada tahun 1992-2003.

Sebelas tahun berkarier di Seongnam FC, Shin Tae-yong lantas pindah ke klub Australia bernama Queensland Roar FC selama kurang lebih satu tahun. Setelahnya, ia memutuskan untuk pensiun di usianya yang baru menginjak sekitar 36 tahun.

Usai gantung sepatu sebagai pemain bola, Shin Tae-yong melanjutkan kariernya di kursi kepelatihan. Ia dipercaya menjadi asisten pelatih di Queensland Roar FC pada 2005-2008. Setelahnya ia mendapat tawaran melatih Seongnam FC.

Shin Tae-yong lantas mendapatkan kepercayaan untuk melatih Timnas Korea Selatan pada 2015. Namun, pada 2018 ia diberhentikan usai tak berhasil membawa Timnas Korea Selatan lolos penyisihan grup di Piala Dunia 2018.

Di balik karier cemerlangnya di dunia sepak bola, Shin Tae-yong memiliki riwayat pendidikan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Ia rupanya merupakan lulusan Yeungnam University pada 1991.

Keunggulan kampus almamater Shin Tae-yong ini juga tidak main-main yakni berada di ranking 951-1000 berdasarkan QS World University Ranking 2024.

Prestasi Shin Tae-yong pun membuatnya disejajarkan dengan alumnus top lain dari universitas tersebut seperti aktor Lee Hee-joon dan politisi Cho Won-jin.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #riwayat #pendidikan #mentereng #shin #yong #lulusan #kampus #lokal #cetak #sejarah #negeri #luar

KOMENTAR