Rekam Jejak Fachrul Razi, Mantan Menag yang Ikut Demo Jelang Putusan MK
Mantan Menteri Agama era Jokowi, Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi demo tolak pemilu curang di depan Gedung DPR RI, Selasa (19/3/2024). (Suara.com/Faqih)
11:16
20 April 2024

Rekam Jejak Fachrul Razi, Mantan Menag yang Ikut Demo Jelang Putusan MK

Mantan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengikuti aksi demonstrasi yang digelar sejumlah ormas jelang putusan sengketa Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat pada Jumat (19/4/2024) kemarin. Dalam orasinya, Fachrul Razi minta hakim MK bertindak bijaksana dalam memutus hasil sengketa Pilpres.

Fachrul Razi mengatakan putusan itu bukan semata soal hasil Pilpres 2024, tapi menyangkut masa depan Indonesia. Diketahui dia memang masuk dalam Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada Pilpres 2024.

Lantas bagaimana rekam jejak Fachrul Razi eks Menag yang ikut demo di MK? Simak penjelasan berikut ini.

Rekam Jejak Fachrul Razi

Fachrul Razi, eks Menteri Agama yang kini ada di barisan AMIN (Instagram/@fachrulrazi__official)Fachrul Razi, eks Menteri Agama yang kini ada di barisan AMIN (Instagram/@fachrulrazi__official)

Fachrul Razi adalah tokoh militer yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo. Dia menjabat sejak 23 Oktober 2019 hingga digantikan oleh Yaqut Cholil Qoumas pada 23 Desember 2020. 

Semasa aktif di militer, Razi memiliki pengalaman di bidang infanteri sebagai perwira TNI Angkatan Darat dengan jabatan terakhir sebagai Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia. Ketika di militer, Razi pernah menjadi komandan Kontingen Garuda IX/2 yang ditugaskan ke Iran-Irak di bawah misi UNIIMOG. 

Pada periode 1996-1997, Razi menduduki jabatan sebagai Gubernur Akademi Militer. Selanjutnya pada tahun 1999, dia diangkat menjadi Wakil Panglima TNI mendampingi Widodo Adi Sutjipto. Namun kemudian Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur meminta penghapusan posisi Razi dan pada tahun 2000 dia dicopot dari jabatannya.

Setelah pensiun dari TNI, Razi menjabat beberapa posisi Komisaris Utama di PT Central Proteina Prima Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, dan PT Toba Sejahtera. Sementara itu dalam karier politiknya, Razi menjadi salah satu pendiri Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). 

Ketika pemilihan presiden 2009, dia mendukung pasangan Jusuf Kalla-Wiranto. Pada tahun 2014, Razi mendukung keberhasilan Joko Widodo dalam pemilihan presiden dan menjadi penasihat pertahanan selama pembentukan kabinet baru.

Ketika pemilihan presiden tahun 2019, Razi memimpin tim "Bravo 5" yang terdiri atas pensiunan perwira TNI yang mendukung kampanye pemilihan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kemudian pada 20 Oktober 2019, Razi dilantik sebagai Menteri Agama. Dia adalah tokoh militer ketiga yang memegang jabatan sebagai Menteri Agama dan sosok yang pertama sejak era Reformasi.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #rekam #jejak #fachrul #razi #mantan #menag #yang #ikut #demo #jelang #putusan

KOMENTAR