Ternyata, Meditasi Mindfulness Memiliki 4 Efek Samping yang Jarang Diketahui oleh Penikmatnya: Jangan Sampai Terjadi Pada Anda!
Ilustrasi seorang perempuan yang sedang melakukan meditasi mindfulness. (Freepik)
16:12
28 Oktober 2024

Ternyata, Meditasi Mindfulness Memiliki 4 Efek Samping yang Jarang Diketahui oleh Penikmatnya: Jangan Sampai Terjadi Pada Anda!

- Tahukah Anda, mindfulness sering kali dianggap sebagai solusi sederhana untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mental?

Namun, di balik itu semua ternyata hal ini justru membawa efek samping yang berdampak pada kesehatan.

Dikutip dari Healthline pada Senin (28/10), pikiran adalah alat yang hebat untuk memecahkan masalah. Namun begitu, pikiran tidak hebat dalam menenangkan diri dan menerima kenyataan.

Sering kali, pikiran melayang ke masa lalu atau masa depan, bukan ke masa kini untuk menjalani kegiatan.

Artinya, isinya penuh dengan pikiran, cerita, dan narasi yang belum tentu ada kaitannya dengan kejadian sebenarnya saat itu.

Dalam beberapa kasus, pikiran mungkin terperangkap dalam cerita yang bahkan tidak berdasarkan kenyataan.

Untuk itu, biasanya seseorang akan melakukan meditasi mindfulness agar terhindar dari kecemasan yang ada dalam pikiran.

Namun begitu, efek samping yang paling umum dilaporkan adalah kecemasan dan depresi.

Selain itu, dampak negatif dari mindfulness juga kerap diikuti gejala psikotik atau delusi, disosiasi, depersonalisasi serta rasa takut yang berlebihan.

Banyak instruktur meditasi dan kesadaran percaya bahwa praktik ini hanya dapat memberikan manfaat dan tidak mengetahui potensi efek samping.

Karena kesadaran adalah sesuatu yang dapat Anda praktikkan di rumah secara gratis, hal ini sering terdengar seperti obat mujarab yang sempurna untuk mengatasi stres dan masalah kesehatan mental.

1. Pengalaman Psikotik atau Delusi

Beberapa orang mungkin juga mengalami disosiasi ataupun depersonalisasi, perasaan saat dunia terasa tidak nyata.

Hal ini utamanya terjadi jika seseorang melakukan meditasi dalam waktu lama tanpa panduan yang tepat.

2. Peningkatan Kecemasan dan Depresi

Meditasi mindfulness mendorong seseorang untuk fokus pada perasaan dan pikiran saat ini.

Bagi sebagian orang, itu dapat membuka kembali emosi atau trauma yang tertahan, yang justru memicu kecemasan dan depresi.

3. Gangguan Hubungan Sosial

Sesuai dengan penelitian, ditemukan koresponden yang merasa dirugikan oleh meditasi karena faktor psikologis yang menyebabkan dia terganggu dalam hubungan sosialnya.

Para pakar mengatakan, efek samping yang ekstrim dan langka hanya mungkin terjadi setelah jangka waktu meditasi, seperti dalam waktu seminggu saat seseorang menjalankan meditasi dengan berdiam diri.

4. Menyebabkan Anda Pasif

Dalam pemikiran luas, meditasi mindfulness hanyalah alat atau cara untuk menenangkan dan memfokuskan diri sendiri.

Tapi, dalam tradisi Buddhis, ini tentang mendapatkan wawasan tentang kondisi manusia, mengurangi stres dan penderitaan di hati juga pikiran kita sendiri.

Hal ini tentu memiliki manfaat menenangkan dalam situasi di mana kita tidak dapat berbuat banyak untuk mengubah hal-hal dan itu perlu untuk tenang dan tidak stres.

Namun, ada kalanya kita harus marah, sedih dan bertekad untuk mengubah hal-hal tersebut.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #ternyata #meditasi #mindfulness #memiliki #efek #samping #yang #jarang #diketahui #oleh #penikmatnya #jangan #sampai #terjadi #pada #anda

KOMENTAR