9 Tips Mendapatkan Rambut Berkilau Menurut Para Hairstylist, Salah Satunya Bisa Pakai Cuka Sari Apel
Ilustrasi rambut berkilau. Sumber foto: Freepik
14:30
25 Februari 2024

9 Tips Mendapatkan Rambut Berkilau Menurut Para Hairstylist, Salah Satunya Bisa Pakai Cuka Sari Apel

Sebagian wanita mendambakan rambut berkilau dan sehat. Sayangnya, sinar matahari, polusi, dan produk penataan rambut justru bisa merusak kesehatan mahkota kepala sehingga mengurangi kilaunya.

“Lapisan luar rambut kita memiliki kutikula. Semakin tidak rata dan melengkung di bagian tepinya, semakin banyak cahaya yang terserap ke dalam rambut membuatnya tampak kusam,” kata hairstylist profesional Tina Outen dikutip dari HealthShots.

“Kerusakan jadi penyebab nomor satu rambut kusam. Saat helai rambut rusak karena panas atau bahan kimia keras, helai rambut mulai patah dan tidak memantulkan cahaya dengan baik. Yang terpenting untuk rambut berkilau ialah kutikula rambut tertutup dan halus sehingga bisa memantulkan cahaya,” tambah hairstylist selebriti Mark Townsend.

Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Minggu (25/2), ada beberapa tips untuk mendapatkan rambut berkilau menurut para hairstylist.

1. Pilih kondisioner tanpa bilas

Kelembapan jadi kunci untuk rambut berkilau, kamu tidak memerlukan produk terlalu berat guna mendapatkan rambut berkilau. Terkadang double conditioner membuat rambut tampak kusam dan berat.

"Menurutku double conditioner hanya membuang-buang produk. Jika merasa membutuhkan kelembapan ekstra setelah keramas, gunakan perawatan tanpa bilas usai mandi," kata Townsend.

2. Basahi rambut dengan air dingin

Bagi yang berani, bilas rambut dengan air dingin akan menutup semua kutikula, membuatnya rata sehingga helaian rambut akan berkilau, papar Outen.

Namun, untuk melakukannya dengan benar, Townsend merekomendasikan penggunaan air panas pada rambut saat menggunakan kondisioner.

Kelembapan dari air panas akan membuka kutikula dan memungkinkan nutrisi dari kondisioner meresap dan menutrisi rambut. Kemudian, siram rambut pakai air dingin untuk menutup kutikula.

3. Fokus pada kulit kepala

“Seringkali, orang akan mencoba mengatasi masalah rambut dengan produk topikal seperti hairspray atau shine spray, padahal sebenarnya kamu perlu menggali lebih dalam akar masalahnya,” kata selebriti Clariss Rubenstein.

4. Coba bilas pakai cuka sari apel

“Jika kamu merasa rambut menumpuk hingga kusam dan tidak ditata dengan benar, cobalah keramas beberapa kali dengan cuka sari apel. Ini menghilangkan semua penumpukan produk berlebih, residu, dan polutan dari rambut,” saran Rubenstein.

5. Pakai clarifying shampoo seminggu sekali

“Menjernihkan rambut itu penting dari waktu ke waktu. Clarifying shampoo akan menghilangkan penumpukan produk dan obat-obatan yang membuat rambut kusam serta memudahkan kondisioner menembus rambut untuk hidrasi lebih baik membuatnya berkilau,” jelas hair artist Gina Rivera.

6. Coba oil treatment

Rambut yang dilembabkan dengan baik akan lebih berkilau secara alami dan mengoleskan minyak rambut jadi cara tercepat untuk meningkatkan hidrasi.

“Minyak menutup kutikula untuk membantu memantulkan cahaya,” kata Townsend.

Pastikan memulai dengan jumlah yang sedikit dan gunakan beberapa kali seminggu, caranya alirkan minyak ke ujung rambut dan keringkan dengan pengering rambut untuk mengatur kilaunya.

7. Gelapkan warna rambut

Menurut Outen, rambut lebih gelap memantulkan cahaya lebih banyak daripada warna yang lebih terang.

"Sedikit kontras dengan highlight membuat rambut tampak lebih berkilau, juga bisa memperdalam warna rambut pakai pewarna semi permanen di bagian luar helai rambut sehingga helaiannya akan memantulkan cahaya lebih merata,” papar Outen.

8. Pakai sarung bantal sutra

Sarung bantal sutra menghasilkan lebih sedikit gesekan pada rambut sehingga tidur dengan menggunakan sutra akan membuatnya tampak lebih halus dan sehat di pagi hari.

9. Hindari bahan berbahaya

“Hindari produk yang mengandung sulfat karena berdampak buruk pada rambut, menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kusam. Produk kandungan biotin, kolagen, dan vitamin B sangat penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala,” jelas Rivera.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #mendapatkan #rambut #berkilau #menurut #para #hairstylist #salah #satunya #bisa #pakai #cuka #sari #apel

KOMENTAR