Alih-alih Sibuk Mengubah Perilaku Pasangan, Sebaiknya Ubah 3 Mindset Ini agar Hubunganmu Tetap Terjaga
Ilustrasi ingin mengubah perilaku pasangan. (foto : Freepik.com/cookie_studio)
21:20
23 Oktober 2024

Alih-alih Sibuk Mengubah Perilaku Pasangan, Sebaiknya Ubah 3 Mindset Ini agar Hubunganmu Tetap Terjaga

- Sebagian besar manusia ingin mendapati hubungan yang selalu harmonis, langgeng, dan tidak ada konflik. Tapi pada kenyataannya itu semua mustahil terjadi.

Manusia selalu dibutakan akan yang namanya "kecocokan", tapi jika dipikirkan kembali bahwa untuk 100 persen cocok itu juga mustahil terjadi. Kita perlu menyadari bahwa suatu pasangan hanya bertemu saat tumbuh dewasa dan memiliki latar belakang keluarga serta masa lalu yang beda.

Bagaimanapun juga, segala kekurangannya harus kita terima dan jangan sibuk untuk mengubah perilaku pasangan karena dia tidak akan berubah kecuali muncul keinginan dari dalam hatinya.

Perubahan perilaku pasangan akan terjadi seiring berjalannya waktu, karena sejatinya manusia itu bertumbuh dari satu proses ke proses yang lain. Jadi tak hanya si dia yang berubah, tapi kamu juga.

Melansir dari laman Mindfullnessmuse pada (23/10) alih-alih sibuk mengubah perilaku pasangan, sebaiknya ubah 3 mindset ini agar hubunganmu tetap terjaga :

1. Pikiran Bahwa Segala Hal Dilakukan dengan Sengaja

Sikap interpretatif ini mungkin dialami sebagai kecenderungan untuk menganggap setiap perilaku yang menjengkelkan atau tidak diinginkan sebagai tindakan bersifat pribadi.

Misalnya, bayangkan jika pasanganmu pulang kerja dengan hari yang menegangkan dan tidak menyambutmu dengan pelukan atau senyuman seperti yang biasanya, kamu menafsirkan bahwa perilaku ini sebagai “disengaja”.

Kamu berpikir bahwa perilaku dia sudah tidak peduli dan tidak mementingkanmu lagi. Cara yang lebih aman untuk menafsirkan ini adalah dengan melakukan penilaian ulang sambil berpikir, “Sepertinya pasanganku baru saja mengalami hari yang sangat menegangkan.”

Penting bagi kita untuk memberikan sedikit kelonggaran pada pasangan, jika dia kadang-kadang terlihat menjauhi atau terlalu fokus pada dirinya sendiri.

2. Tidak Dapat Menerima Kekacauan

Ambil langkah mundur dan dengan jujur menilai sejauh mana pasanganmu menciptakan kekacauan ini. Pada faktanya, 80% pasangan yang tinggal bersama, kekacauan dianggap sebagai sumber ketegangan yang signifikan dalam hubungan.

Kamu harus bersedia menerima kenyataan bahwa tidak bisa benar-benar mengubah orang lain dan mengharapkan pasangan berubah menjadi orang yang dapat diatur sesuai harapan kita.

Jika kamu merasa tidak dihargai karena kekacauan ini, sebaiknya ungkapkan dengan baik dan langsung dengan cara komunikasi yang efektik. Ketika isu seperti ini menjadi buntu dan sulit diubah, ingatlah bahwa kamu selalu mempunyai kekuatan untuk mengubah sikap diri sendiri, bukan orang lain.

3. Mengukur "Benar" dan "Salah" dalam Mengekspresikkan Cinta

Cara kita belajar mengekspresikan dan menerima cinta dipelajari seiring berjalannya waktu. Misalnya, saat pasanganmu merasa bahwa ungkapan cinta itu hanya dari sebuah pelukan dan ciuman saat pulang ke rumah, tapi saat itu kamu merasa bahwa ungkapan cinta adalah pergi melakukan aktivitas bersama.

Jika kamu bersedia melepaskan anggapan bahwa ada cara yang “benar” dan “salah” dalam mengungkapkan cinta (selain kekerasan) mungkin dia akan mengekspresikkan itu semua tanpa kamu minta dan terjadi secara alami.

Artinya, semakin kita tidak berharap lebih mengukur "benar" dan "salah" dalam mengekspresikan cinta maka akan lebih bahagia jika hal itu tiba-tiba terjadi. Sebetulnya, pikiran kitalah yang membuat itu semua menjadi rumit.

Masing-masing pasangan memiliki keunikannya masing-masing, jangan membuat standar sendiri, dan hargailah yang dilakukan pasangan untukmu karena merekapun sudah berusaha sebaik mungkin.

Mengutip dari laman Kelas Cinta, ketahuilah bahwa hanya ada segelintir orang yang mau mengubah perilakunya secara drastis, dan jika pasanganmu benar-benar berubah karenamu maka dia perlu usaha yang keras, serta bisa saja kembali ke sifat asal.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #alih #alih #sibuk #mengubah #perilaku #pasangan #sebaiknya #ubah #mindset #agar #hubunganmu #tetap #terjaga

KOMENTAR