Pakar Ungkap Ada 4 Warna Cat Disukai Para Nyamuk, Wajib Dihindari Sebelum Terlambat!
ilustrasi nyamuk menggigit manusia. Sumber foto: Freepik
12:28
18 Pebruari 2024

Pakar Ungkap Ada 4 Warna Cat Disukai Para Nyamuk, Wajib Dihindari Sebelum Terlambat!

JawaPos.com - Nyamuk merupakan hama yang sering ditemui di lingkungan sekitar dan keberadaannya amat mengganggu lantaran suka menggigit menyebabkan rasa gatal, bahkan bisa menyebarkan penyakit.

Lebih lanjut, nyamuk bersarang di genangan air dan berkembang biak lebih banyak saat musim kemarau.

Namun, mengetahui cara membasmi nyamuk lebih dari sekadar menghilangkan genangan air dan menggunakan obat nyamuk.

Para ahli pun telah memperingatkan bahwa warna cat tertentu berdampak pula pada aktivitas nyamuk khususnya di dalam maupun luar rumah.

Jadi, jika nyamuk menjadi masalah di rumah, ada baiknya memperhatikan warna-warna yang mereka sukai sehingga dapat mencegah datangnya pengunjung yang tidak diinginkan tersebut.

“Nyamuk memiliki mata majemuk artinya penglihatan mereka jauh lebih buruk dibandingkan kita. Seperti kebanyakan serangga, nyamuk memandang dunia dalam bentuk dan warna yang kabur, bukan gambar yang tajam dan detail,” jelas Emma Grace Crumbley, Ahli Entomologi di Mosquito Squad.

Dengan mengingat hal di atas, dikutip JawaPos.com dari Homes & Gardens, Minggu (18/2), keempat warna ini paling menarik bagi nyamuk:

  1. Hitam

Ide ruang tamu hitam putih mungkin memiliki kualitas estetika tersendiri, namun tentunya juga menarik bagi nyamuk.

Pemilik Pengendalian Hama Rosenbloom, Sholom Rosenbloom berpendapat daya tarik tersebut berasal dari kebutuhan si nyamuk untuk menghindari sinar matahari langsung karena menyebabkan dehidrasi dan kematian dini nyamuk.

“Inilah sebabnya kita lebih sering melihat mereka saat senja dan fajar karena matahari mengancam mereka,” katanya.

  1. Biru Tua

Sama seperti warna hitam yang menarik perhatian nyamuk, warna gelap dan jenuh lainnya juga memiliki efek yang sama.

Emma mengatakan bahwa warna biru tua (dan warna serupa lainnya) menarik bagi nyamuk yang mendeteksi panas dan ditahan oleh warna lebih gelap.

“Mereka cenderung menyelidiki inang potensial (karena inang seperti manusia juga mengeluarkan panas),” ungkap pakar tersebut.

Warna-warna ini begitu kuat sehingga para ilmuwan menggunakannya sebagai daya tarik ketika mengawasi nyamuk dengan memasang perangkap nyamuk berwarna gelap alias black traps.

  1. Merah

Terlepas dari warna kulit, panjang gelombang merah dapat dideteksi oleh nyamuk berarti merah adalah salah satu warna yang paling dicari oleh hama ini.

Emma merujuk pada penelitian terbaru bahwa paparan bau seperti CO2 memicu ketertarikan nyamuk terhadap warna-warna seperti merah untuk mencari mangsa.

“Para ilmuwan percaya nyamuk menggunakan sensor suhu khusus untuk mendeteksi keberadaan mangsa berdarah panas,” tambah Sholom.

  1. Oranye

Sama seperti warna merah, warna oranye juga menunjukkan panjang gelombang yang sama dan juga menarik bagi nyamuk.

“Mungkin sekali lagi hal ini disebabkan oleh terbatasnya detail penglihatan serangga dan deteksi bentuk yang berbeda dari latar belakangnya memberi petunjuk kepada serangga tersebut bahwa ada calon inang di dekatnya,” papar Emma.

Namun, penting untuk diingat atraksi nyamuk memadukan penglihatan dan penciuman.

Oleh karena itu, berbagai pendekatan harus dilakukan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk saat bekerja di dalam dan di luar rumah misal penggunaan semprotan serangga atau memakai warna terang.

Di sisi lain, menurut penelitian dari University of Washington, warna terbaik untuk mengusir nyamuk meliputi putih, hijau, biru muda, dan ungu karena warna tersebut memantulkan panas dan cahaya yang tidak disukai nyamuk.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #pakar #ungkap #warna #disukai #para #nyamuk #wajib #dihindari #sebelum #terlambat

KOMENTAR