7 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Seseorang Terlihat Lebih Muda Dibanding Teman Seusia Mereka, Kata Psikologi
Ilustrasi orang yang terlihat lebih muda dibanding teman seusianya. (Freepik)
13:10
17 Oktober 2024

7 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Seseorang Terlihat Lebih Muda Dibanding Teman Seusia Mereka, Kata Psikologi

– Anda mungkin pernah melihat seseorang tampak lebih muda dibanding dengan usia mereka. Orang-orang sekitar Anda mungkin tampak bersinar dengan energi dan penampilan yang tidak mencerminkan usia mereka.

Mudah untuk menganggapnya sebagai keberuntungan atau mungkin gen yang baik, tetapi nyatanya itu ada cerita dibaliknya. Agar tampak lebih muda, mereka seringkali melakukan kebiasaan tertentu.

Ini seperti pilihan yang mereka lakukan setiap hari yang dapat membantu mereka terlihat dan merasa lebih muda daripada orang-orang seusia mereka.

Dilansir dari geediting.com, terdapat tujuh kebiasaan yang mungkin dapat membantu Anda merasa lebih muda berapapun usia Anda.

1. Olahraga teratur

Ada pepatah mengatakan bahwa usia hanyalah angka, tetapi Anda mungkin percaya bahwa tingkat energi memainkan peran besar dalam seberapa muda Anda di mata orang lain. Dengan selalu aktif berolahraga, aktivitas fisik akan menjadi bagian penting rutinitas Anda.

Para ahli mendukung hal ini, bahwa olahraga teratur tidak hanya menjaga tubuh Anda tetap bugar, tetapi juga meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Olahraga mampu melepaskan endorphin, hormon perasaan senang yang membuat Anda bersemangat.

Dengan beraktivitas, meskipun hanya jalan cepat, dapat menjadikan olahraga sebagai kebiasaan yang memberikan manfaat besar bagi penampilan dan pola pikir awet muda.

2. Tidur yang cukup

Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘tidur cantik’, tetapi itu bukan hanya sekedar mitos. Terdapat bukti ilmiah bahwa tidur yang cukup dapat membuat penampilan Anda lebih awet muda.

Peneliti mengungkapkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan lingkaran hitam di bawah mata, kulit lebih pucat, lebih banyak kerutan, dan sudut mulut lebih kendur. Saat Anda tertidur, tubuh Anda memasuki mode perbaikan.

Sel-sel beregenerasi, jaringan tumbuh, dan hormon berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Jadi, tidur memberi tubuh Anda kesempatan untuk menyegarkan dan memperbarui diri.

Dengan memprioritaskan kualitas tidur, itu dapat menjadi kebiasaan utama orang-orang yang terlihat lebih muda dibanding teman-teman seusia mereka.

3. Menggunakan tabir surya

ini mungkin terdengar aneh dan sangat spesifik. Namun, menggunakan tabir surya dapat menjadi kebiasaan yang membuat perbedaan besar dalam penuaan kulit, karena itu melindungi kulit dari sinar matahari.

Dalam sebuah penelitian kesehatan, paparan sinar matahari menyebabkan sebagian besar perubahan kulit yang Anda anggap sebagai bagian normal dari penuaan. Namun, sinar UV yang berbahaya dapat menembus awan, dan ini membuat kulit Anda rusak.

Itulah mengapa tabir surya baik saat cuaca hujan maupun cerah sangatlah penting. Carilah tabir surya dengan SPF spektrum luas minimal 30 dan aplikasikan sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

4. Pola makan seimbang

Orang yang terlihat lebih muda dari teman seusia mereka seringkali memiliki pola makan yang mendukung penampilan awet muda mereka. Ini bukan tentang diet yang aneh atau menyiksa diri, ini tentang memberi tubuh Anda nutrisi yang tepat.

Ketika Anda ingin mempertahankan penampilan awet muda seringkali memiliki pola makan yang kaya buah-buahan, sayur-sayuran, protein rendah lemak, dan lemak sehat.

Makanan-makanan ini kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu menjaga kulit bersinar dan tubuh tetap sehat. Anda juga perlu menghindari asupan makanan olahan, gula, dan alkohol yang berlebihan, karena dapat menyebabkan penuaan dini.

Menerapkan pola makan seimbang bukan hanya tentang terlihat lebih muda, tetapi juga tentang merasa muda. Bila Anda memberi tubuh nutrisi yang tepat, Anda akan merasa lebih berenergi dan bersemangat.

5. Bersikap positif

Orang-orang yang memancarkan aura positif dapat membuat energi mereka menular dan mereka tampak bersinar dari dalam. Mereka juga tampak lebih muda dari orang-orang seusia mereka, dan seringkali memiliki pandangan hidup yang positif.

Para ahli berpendapat bahwa sikap positif tidak hanya membuat Anda lebih menarik bagi orang lain, tetapi juga berkontribusi terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Sikap positif bahkan dapat mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Ini bukan tentang berarti Anda mengabaikan tantangan hidup dan menganggap semuanya sempurna, tetapi tentang fokus pada hal-hal baik meskipun Anda mengalami rintangan.

6. Perhatian penuh

Orang-orang yang terlihat lebih muda dari teman-teman seusia mereka cenderung mempraktikkan kesadaran penuh. Kesadaran penuh adalah tentang hadir dan terlibat pada situasi saat ini.

Ini tentang memperhatikan lingkungan sekitar, perasaan, dan pikiran Anda tanpa menghakimi. Berlatih kesadaran dapat mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan.

Semua manfaat ini dapat berkontribusi pada penampilan Anda yang lebih muda. Cara melatih kesadaran penuh adalah meluangkan waktu setiap hari untuk fokus pada istirahat Anda atau juga melakukan meditasi.

7. Cinta diri sendiri

Orang-orang yang terlihat muda akan selalu mencoba mencintai dan menerima diri mereka sendiri. Mencintai diri sendiri berarti menerima diri Anda apa adanya, dengan segala kekurangan yang Anda miliki.

Mencintai diri sendiri dengan memperlakukan diri sebaik mungkin dan penuh rasa hormat, serta tidak bersikap terlalu keras pada diri sendiri ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Ketika Anda mencintai diri sendiri, hal ini akan terlihat seperti kepercayaan diri, dan mampu memancarkan semangat yang membuat orang lain melihat Anda tampak lebih muda.

Dengan mencintai diri sendiri, Anda akan terlihat lebih bersinar dari dalam ke luar, dan itu lebih efektif daripada Anda menggunakan perlengkapan perawatan diri atau skincare yang mencegah penuaan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kebiasaan #dapat #membuat #seseorang #terlihat #lebih #muda #dibanding #teman #seusia #mereka #kata #psikologi

KOMENTAR