Biodata dan Pendidikan Darma Anak Tommy Soeharto: Jebolan Barcelona, Kini Bangun Lapangan Golf Rp 1,2 Triliun
Potret Darma Mangkuluhur anak Tommy Soeharto. (Instagram/@darmamh)
13:23
7 Pebruari 2024

Biodata dan Pendidikan Darma Anak Tommy Soeharto: Jebolan Barcelona, Kini Bangun Lapangan Golf Rp 1,2 Triliun

Anak sulung Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo tengah menjadi sorotan. Sebab, ia akan mengeluarkan dana sebesar Rp1,2 triliun untuk pembangunan lapangan golf di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Sorotan tersebut turut dilatarbelakangi usianya yang baru menginjak 25 tahun. Tak sedikit yang memuji Darma karena punya harta fantastis di usia muda. Selain itu, informasi mengenai biodata dan pendidikannya pun ikut menuai rasa penasaran.

Biodata Darma Mangkuluhur

Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto (Instagram/@darmamh)Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto (Instagram/@darmamh)

Nama Lengkap: Darma Mangkuluhur Hutomo

Nama Panggilan: Darma

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 8 Agustus 1998

Usia: 25 Tahun

Pendidikan: EU Bussines School Barcelona

Pekerjaan: Pebisnis

Agama: Islam

Orang Tua: Tommy Soeharto dan Tata Cahyani

Pasangan: Patricia Schuldtz

Kakek dan Nenek: Soeharto dan Siti Hartinah (Tien)

Saudara Kandung: Gayanti Hutami dan Fajri Fitrah H

Instagram: @darmamh

Pendidikan Darma Mangkuluhur dan Profilnya

Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto (Instagram/@darmamh)Sumber Kekayaan Darma Mangkuluhur Anak Tommy Soeharto (Instagram/@darmamh)

Darma Mangkuluhur Hutomo pernah mengenyam pendidikan SMA di Overseas Family School, Singapura dan lulus pada tahun 2016. Lalu, ia melanjutkan studinya di EU Business School, Barcelona, Spanyol yang rampung pada 2019.

Setelah lulus, Darma menyibukkan diri sebagai seorang pebisnis. Ia tercatat menjadi komisaris di PT Intra GolfLink Resorts (IGR), perusahaan yang akan membangun lapangan golf senilai Rp 1,2 triliun di kawasan Sentul tersebut.

Sebelum itu, PT IGR sendiri sudah memiliki tiga lapangan golf, yakni Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung. Selain itu, Darma juga menjadi komisaris di PT Wisma Purnayudha Putra. 

Perusahaan milik ayahnya itu menjual apartemen, hotel, hingga gedung. Salah satu proyeknya adalah Mangkuluhur City di wilayah Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Semasa kuliah, Darma sampai sering bolak-balik Spanyol-Indonesia.

Sebab sebagai komisaris, ia disibukkan dengan mengurus berbagai proyek yang dijalankan PT Wisma Purnayudha Putra. Misalnya saja saat membangun rumah murah bersinergi dengan pengusaha asal Dubai, Uni Emirat Arab.

Tak hanya menjadi komisaris, Darma juga membangun Lounge in The Sky (LITS). Restoran yang dibuka pada tahun 2022 lalu itu menyajikan konsep mewah dengan pemandangan cahaya kota Jakarta dari ketinggian 50 meter.

Restoran tersebut adalah proyek kolaborasi Humpuss Land dan DITS Asia. Darma sendiri merupakan Presiden Humpuss Land. Adapun untuk menikmati Lounge in the pengunjung perlu membayar Rp1,6 juta-Rp3,7 juta.

Sebelum membangun restoran mewah itu, Darma Mangkuluhur lebih dulu mendirikan BOCARICA Tapas Bar & Lounge. Tempat ini dibuka kala Darma baru menyelesaikan studi S1 di EU Business School, Barcelona.

BOCARICA Tapas Bar & Lounge sendiri menawarkan menu spesial ala Spanyol yang telah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Harga makanan yang mengandalkan rasa pedas itu dibanderol mulai dari Rp 60 ribu.

Darma juga aktif dalam dunia balap sejak usianya masih 8 tahun. Ia pernah mengikuti berbagai kompetisi di tingkat nasional hingga internasional, seperti Asia Karting Open Championship 2012 dan Asian Formula Renault 2015.

Sementara terkait profilnya, Darma merupakan putra sulung dari pasangan Tommy Soeharto dan Tata Cahyani. Cucu presiden ke-2 RI, Soeharto itu lahir di Jakarta pada 8 Agustus 1998. Ia diketahui memiliki dua orang adik.

Adik-adiknya itu bernama Gayanti Hutami dan Fajri Fitrah H. Darma sendiri aktif bermedia sosial melalui akun Instagram @darmamh. Dari sana, diketahui pula ia memiliki seseorang yang spesial bernama Patricia Schuldtz.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #pendidikan #darma #anak #tommy #soeharto #jebolan #barcelona #kini #bangun #lapangan #golf #triliun

KOMENTAR