Makan Buah Ini Saat Sarapan! Ketahui Manfaat Tak Terduga dari 7 Buah yang Boleh Dimakan Saat Perut Kosong
Ilustrasi buah-buahan (pexels).
11:16
11 Oktober 2024

Makan Buah Ini Saat Sarapan! Ketahui Manfaat Tak Terduga dari 7 Buah yang Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

 

 

 Sejak kecil, kita sering diberitahu untuk mengonsumsi buah dan sayuran demi menjaga kesehatan tubuh.

Ternyata, mengonsumsi buah tertentu pada saat perut kosong, terutama di pagi hari, dapat memberikan manfaat tambahan. 

Jika Anda bosan dengan rutinitas sarapan yang itu-itu saja, Anda bisa sedikit mengubahnya dengan menambahkan beberapa buah yang tidak hanya lezat, tetapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Terdapat beberapa buah yang bisa Anda coba konsumsi di pagi hari saat perut kosong, yang mungkin akan menjadi langkah besar menuju kesehatan dan energi yang lebih baik.

Dilansir dari laman The Times of India, Jumat (11/10), berikut adalah beberapa buah yang sebaiknya Anda konsumsi saat perut kosong:

Semangka
Sepotong semangka yang segar dan penuh warna tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menghidrasi tubuh. Semangka mengandung 92% air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi tubuh setelah berpuasa semalaman. 

Selain itu, semangka juga kaya akan likopen, antioksidan yang kuat yang melindungi jantung dan kulit Anda. Dengan mengonsumsi semangka di pagi hari, Anda bisa memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, yang penting untuk memulai hari dengan baik.

Pepaya
Ingin menurunkan berat badan? Pepaya bisa jadi jawabannya! Rendah kalori, tinggi serat, serta kaya akan vitamin A, C, dan E, pepaya adalah sekutu yang baik untuk mengurangi berat badan. Pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit. 

Tidak hanya membantu penurunan berat badan, pepaya juga mendukung sistem pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Tambahkan sentuhan tropis pada pagi Anda dengan buah yang satu ini.

Nanas
Nanas yang kaya akan vitamin C dan mangan merupakan pahlawan super bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Nutrisi yang terkandung di dalamnya mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan dan tulang. Nanas juga mengurangi kembung dan peradangan, sehingga membantu Anda merasa lebih nyaman sepanjang hari.

Apel
Ungkapan "sebuah apel sehari menjauhkan dokter" memang ada benarnya! Apel mengandung pektin, yang sangat baik untuk pencernaan dan mengendalikan rasa lapar. Ditambah dengan kandungan antioksidan seperti quercetin yang meningkatkan fungsi otak dan kesehatan secara keseluruhan, apel adalah teman setia pagi Anda.

Kiwi
Buah kiwi yang kecil namun penuh nutrisi ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan enzim. Buah ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan melancarkan pencernaan. 

Kiwi juga mengandung enzim actinidin yang membantu pencernaan. Mengonsumsi kiwi di pagi hari memberikan Anda dosis nutrisi yang kaya, dengan manfaat berupa peningkatan imun, kulit yang lebih bercahaya, dan pencernaan yang lancar.

Pisang
Pisang dikenal sebagai sumber energi instan yang praktis. Kaya akan kalium, pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mendukung fungsi otot. Pisang juga mengandung banyak karbohidrat dan gula alami, yang membuatnya mudah dicerna dan cocok sebagai camilan pagi yang cepat dan bergizi.

Pir
Jika Anda mencari buah yang memberikan rasa kenyang lebih lama, pir adalah pilihan tepat. Pir kaya akan vitamin C dan K, serta mengandung kalium dan tembaga. Buah pir juga baik untuk kesehatan ginjal, pencernaan, dan jantung. Konsumsi pir di pagi hari bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan siap menghadapi hari dengan energi penuh.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makan #buah #saat #sarapan #ketahui #manfaat #terduga #dari #buah #yang #boleh #dimakan #saat #perut #kosong

KOMENTAR