Kebiasaan Buang-buang Waktu Bikin Hidup Anda Tidak Produktif, Begini 5 Cara Mengatasinya
ilustrasi orang yang buang-buang waktu. Sumber foto: Freepik
14:46
10 Oktober 2024

Kebiasaan Buang-buang Waktu Bikin Hidup Anda Tidak Produktif, Begini 5 Cara Mengatasinya

– Pernahkah Anda merasa di penghujung hari bahwa tidak banyak yang telah dilakukan, meskipun sudah berusaha keras untuk bekerja?

Nyatanya, Anda dapat menghemat waktu untuk diri sendiri sekaligus mendapatkan lebih banyak manfaat dari menjalani keseharian.

Dikutip dari Times of India, Kamis (10/10), berikut lima cara mudah untuk mengatasi kebiasaan buang-buang waktu dan membuat hidupmu lebih produktif. Yuk, terapkan!

Bersikaplah selektif atas komitmen

Perhatikan lebih dekat dan pikirkan bagaimana Anda menghabiskan waktu. Penting untuk bersikap tegas tentang komitmen yang telah dibuat.

Dengan memilih dan memprioritaskan komitmen, Anda dapat mengurangi stres akibat komitmen yang berlebihan, sekaligus mengalami pengalaman yang bermakna.

Batasi multitasking

Semua orang ingin menyelesaikan tugas dengan cepat, tetapi mengerjakan banyak hal sekaligus tidaklah baik.

Multitasking mengharuskan Anda membagi waktu dan perhatian ke berbagai tugas, semuanya menyebabkan masalah yang melibatkan kabut otak, perasaan berat, ketegangan, stres, dan kebingungan.

Alih-alih mengerjakan sepuluh hal sekaligus, tujuannya untuk memberikan seratus persen fokus pada satu hal serta mencurahkan seluruh waktu dan upaya Anda untuk menyelesaikannya.

Terapkan aturan dua menit

Aturan Dua Menit jadi strategi sederhana untuk berhenti membuang-buang waktu.

Artinya, jika tugas dapat diselesaikan dalam waktu dua menit atau kurang, Anda harus mengerjakannya sekarang, daripada menyimpannya untuk nanti.

Ini karena jika orang terus menambahkan hal-hal kecil, maka dapat berubah menjadi tugas yang lebih besar dan menyebabkan stres tambahan.

Misalnya, ketika Anda memiliki pesan yang perlu segera ditanggapi, lakukan segera dan jangan ditunda.

Berinvestasi pada kualitas daripada kuantitas

Daripada memenuhi ruang Anda dengan banyak barang berkualitas rendah, berinvestasilah pada lebih sedikit barang berkualitas tinggi.

Barang berkualitas biasanya lebih tahan lama dan berfungsi dengan baik dalam jangka panjang, yang bantu Anda menghemat uang alih-alih terus mencari penggantinya.

Ambil waktu istirahat

Beristirahat sejenak dari pekerjaan atau situasi yang membuat stres bisa bantu Anda memulihkan tenaga secara mental, fisik, dan emosional.

Ini dapat menghilangkan stres dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kebiasaan #buang #buang #waktu #bikin #hidup #anda #tidak #produktif #begini #cara #mengatasinya

KOMENTAR