Detik-detik Jokowi Tiru Prabowo Salaman dengan Boediono dan JK, Warganet Ribut: Beda Kelas
Presiden dan wakil presiden RI terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hadir dalam upacara HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Suara.com/M. Yasir)
17:57
6 Oktober 2024

Detik-detik Jokowi Tiru Prabowo Salaman dengan Boediono dan JK, Warganet Ribut: Beda Kelas

Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto tampak sama-sama menghadiri Perayaan HUT TNI ke-79 di Monas pada Sabtu (6/10/2024).

Bahkan keduanya terlihat duduk berjajar dengan sejumlah pejabat lain, termasuk Panglima TNI, Kapolri, hingga para mantan wakil presiden.

Mendapati keberadaan Boediono dan Jusuf Kalla di deretan kursinya pun membuat Prabowo langsung berdiri untuk berjabat tangan dengan para rekan sejawatnya tersebut. Bahkan Prabowo sempat bertukar sapa sejenak dengan Boediono dan JK yang duduk bersebelahan.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan komandan upacara Mayjen TNI Choirul Anam (kanan) memeriksa pasukan saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Kamis (5/10/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan komandan upacara Mayjen TNI Choirul Anam (kanan) memeriksa pasukan saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Kamis (5/10/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]


Tak disangka, langkah Prabowo diduga diikuti oleh Jokowi hingga Wapres Ma'ruf Amin. Tak lama setelah Prabowo duduk kembali di kursinya, Jokowi dan Ma'ruf juga ikut berdiri untuk berjabat tangan dengan JK dan Boediono.

Baca Juga: Kemungkinan Yang Akan Terjadi Jika Gibran Gagal Dilantik, Prabowo Bisa Ajukan Nama Baru

Tindak-tanduk Jokowi yang mengikuti Prabowo inilah yang menjadi sorotan akun X @/CakKhum. Bahkan akun itu turut mengungkit tingkah laku Jokowi setelah Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia.

"Prabowo mendatangi mantan Wapres untuk salaman, eeh Pak Mulyono ngikut. Ini seperti Paus Fransiskus naik Innova lalu dia pun ngikut naik Innova," ujar @/CakKhum, dikutip pada Minggu (6/10/2024).

Momen inilah yang kemudian ramai diperbincangkan warganet. Tak sedikit yang menilai adab dan etika Prabowo jauh lebih baik ketimbang Jokowi, termasuk dalam memperlakukan para pejabat seniornya.


Beberapa warganet juga kembali mengingat bagaimana Jokowi melirik dan meniru etika minum teh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat mereka berdua menggelar pertemuan.

"Prabowo lebih peka dan sat-set ambil inisiatif, dan merasa leluasa tanpa ikatan protokoler yang nengharuskan tidak melakukan inisiatif tersebut. Prabowo secara berangsur sudah mulai mempertontonkan kemandirian," komentar warganet.

Baca Juga: Jejak Digital Prabowo Subianto Pernah Pesan Mobil Esemka tapi Tak Dapat, Warganet: Kebohongan Nyata Jokowi

"Terpaksa deh mulyono menyalami Pak JK yang pernah jadi wakilnya, yang sebenarnya sudah dia hindari, karena Jk ini sering mengkritik & menyindir mulyono! Mul mul..." tulis warganet. "Beda kelas. Mulyono mana ngerti hal hal kayak gitu," imbuh warganet.

"Lah waktu minum teh sama pak sby kan juga gitu wkwkwk ngikut gayanya sby tiba tiba ambil piring untuk alas tehnya," tutur warganet lain. "Padahal udah duduk jenak .... kenapa nggak dari tadi waktu datang...." timpal yang lainnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #detik #detik #jokowi #tiru #prabowo #salaman #dengan #boediono #warganet #ribut #beda #kelas

KOMENTAR