Berapa Harta Kekayaan Idham Masse? Catherine Wilson Ngaku Tak Lagi Diberi Nafkah
Catherine Wilson dan Idham Masse ditemui di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat pada Rabu (24/1/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]
09:53
25 Januari 2024

Berapa Harta Kekayaan Idham Masse? Catherine Wilson Ngaku Tak Lagi Diberi Nafkah

Rumah tangga Catherine Wilson dan Idham Masse berada di ujung tanduk perceraian. Pasangan yang baru menikah setahun itu kompak menyambangi Pengadilan Agama Depok pada Rabu (24/1/2024) kemarin. Selain alasan tak ada keharmonisan dalam rumah tangga, Catherine Wilson mengaku tak lagi mendapat nafkah dari Idham Masse. 

Catherine Wilson bahkan mengungkap Idham Masse tak lagi memberi nafkah setelah 8 bulan. Dalam kesempatan yang sama, Idham Masse membantah tidak menafkahi Catherine Wilson. Idham Masse pun menegaskan punya bukti transfer uang yang dikirimkannya untuk Catherine Wilson. Lantas berapa harta kekayaan Idham Masse yang disebut Catherine Wilson tak memberikan nafkah kepadanya? Simak penjelasan berikut ini.

Harta Kekayaan Idham Masse

Idham Mase & Catherine WilsonIdham Mase & Catherine Wilson

Idham Masse adalah pengusaha dan politikus asal Sulawesi Selatan. Dia lahir pada 30 Maret 1972 di Bajoe, Sulawesi Selatan sehingga kini berusia 51 tahun.

Kini, Idham Masse menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Sebelumnya dia menduduki jabatan sebagai wakil ketua fraksi Golkar di periode 2014-2019.

Selain itu, Idham memiliki bisnis di bidang kuliner. Dua restoran yang dimilikinya, yakni Reza Caffe dan Palekko. Restoran Idham itu terbilang cukup besar karena sudah memiliki 3 cabang di Sidrap, Parepare, dan Makassar.

Berdasarkan laporan per 28 Maret 2023 untuk periodik 2022 di e-LHKPN, Idham Masse mempunyai total harta kekayaan sebesar Rp5.654.920.243 (Rp 5,6 miliar). Harta kekayaan itu salah satunya terdiri dari kepemilikan tanah dan bangunan.

Idham Masse tercatat memiliki tanah dan bangunan seluas 165 m2/165 m2 di Kab/Kota Sidenreng Rappang yang merupakan hasil sendiri senilai Rp 600 juta. Selain itu, ada  tanah seluas 8944 m2 di Kab/Kota Sidrap yang berasal dari hibah dengan akta senilai Rp 1 miliar.

Ada juga tanah dan bangunan seluas 10140 m2/5070 m2 di Kab/Kota Sidrap yang berasal dari hibah dengan akta senilai Rp2 miliar. Terakhir, ada tanah dan bangunan seluas 8036 m2/600 m2 di Kab/Kota Sidrap yang berasal dari hasil sendiri senilai Rp 2 miliar. Dengan demikian, total tanah dan bangunan yang dimiliki Idham adalah senilai Rp 5,6 miliar.

Idham juga melaporkan kepemilikan mobil Mitsubishi Pajero tahun 2019 yang merupakan hasil sendiri senilai Rp 500 juta. Dalam laporan itu, Idham tak tercatat memiliki harta bergerak lainnya, surat berharga serta harta lainnya. Idham hanya melaporkan harta berupa kas dan setara kas senilai Rp 35.372.027.

Namun, Idham juga tercatat memiliki utang sebesar Rp 480.451.784. Dengan demikian, total harta kekayaannya mencapai Rp 5.654.920.243 (Rp 5,6 miliar). 

Perceraian dengan Catherine Wilson

Catherine Wilson dan Idham Masse (Instagram/@idham_mase)Catherine Wilson dan Idham Masse (Instagram/@idham_mase)

Idham Masse menikah dengan Catherine Wilson pada 1 Oktober 2022. Idham lalu mengajukan permohonan cerai pada 9 Oktober 2023.

Namun, kasus perceraian keduanya di Pengadilan Agama Jakarta Selatan dibatalkan karena tergugat dan penggugat tak pernah hadir. Setelah batal cerai, pada 24 Desember 2023 lalu akhirnya Catherine Wilson mengajukan gugatan cerai pada Idham Mase di Pengadilan Agama Depok

Persidangan cerai keduanya kembali digelar di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat pada Rabu (24/1/2024) kemarin. Idham Mase dan Catherine Wilson tampak kompak menghadiri sidang cerai kali ini dengan agenda mediasi. Walau beragendakan mediasi, Idham mengatakan dia sudah sepakat bercerai dengan Catherine Wilson.

Idham menyebut sudah mengabulkan permintaan untuk berpisah dari Keket, panggilan akrab Catherine meski rumah-tangganya baru berjalan satu tahun.

"Ya sudah kalau dia (Catherine) mau berpisah," ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Catherine menjelaskan alasannya ingin bercerai dari Idham. "Karena sudah sama-sama tidak ada keharmonisan. Bisa legowo bareng-bareng ya karena sudah keputusan bersama," ucap Catherine Wilson.

"Ya memang keputusan bersama untuk kita pisah," sambung Idham menyetujui apa yang diucapkan Catherine.

Catherine Wilson lalu mengungkap bahwa Idham tak lagi memberi nafkah setelah 8 bulan menikah. Ia mengaku hanya diberi nafkah waktu awal menikah saja dan jumlahnya yang semakin menurun.

"Ya itu kan awal-awal nikah aja. (Setop transfer nafkah) Sudah lama ya. Sudah 8 bulanan. Pas awal nikah menyanggupi makanya kok lama-lama kok makin tururn, makin turun, bahkan sama sekali nggak dikasih," ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama, Idham membantah tidak menafkahi Catherine. Bahkan dia menegaskan punya bukti transfer uang yang dikirimkannya untuk Catherine.

"Itu kan di media dia bilang tidak dinafkahi sama sekali, nggak benar. Ada bukti transfer saya," tutur Idham.

Idham Masse juga sempat melakukan upaya jalan tengah untuk mempertahankan rumah tangganya dengan Catherine. Sayanya hal itu tak berhasil.

"Sempat beberapa kali kita masih komunikasi untuk rujuk kembali, tapi ternyata itu pun berulang makanya kita milih yang terbaik dengan pisah baik-baik," pungkas Idham.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #berapa #harta #kekayaan #idham #masse #catherine #wilson #ngaku #lagi #diberi #nafkah

KOMENTAR