Selain Jadi Penyelamat kantuk, Berikut 6 Manfaat Kopi Bagi Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui
erawatan dengan masker kopi (kiri),gambar biji kopi (kanan).Pinterest
07:28
24 Januari 2024

Selain Jadi Penyelamat kantuk, Berikut 6 Manfaat Kopi Bagi Kecantikan Kulit yang Jarang Diketahui

 

- Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, selain menjadi penyelamat pagi dan kantuk, ternyata kopi juga memiliki sejuta manfaat bagi kecantikan.

Beberapa orang percaya bahwa kopi dapat memberikan manfaat kecantikan, meskipun perlu diingat bahwa efeknya mungkin bervariasi untuk setiap orang.

Melansir dari Indiatimes.com, kopi juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dimana UVB berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Menurut penelitian kafein berperan cukup aktif untuk menghambat respon kerusakan DNA.

Selain itu, juga membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah, karena kualitas jaringan yang terdapat di dalam kopi mampu mengatur pertumbuhan kembali sel yang menyebabkan tertahannya peningkatan kolagen dan peningkatan elastisitas kulit.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fakta kopi bagi kecantikan kulit:

  1. Eksfoliasi Kulit

Ground atau bubuk kopi dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami, dimana scrub kopi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan bercahaya. 

  1.  Sebagai Antioksidan

Kopi juga mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan. Antioksidan membantu menjaga agar kulit tetap sehat.

  1. Reduksi  Selulit

Beberapa produk dalam perawatan tubuh yang mengandung kafein diklaim dapat membantu mengurangi tampilan selulit dengan cara meningkatkan aliran darah dan mengencangkan kulit.

  1. Mengurangi Pembengkakan Mata

Sebelumnya bagi sebagian orang kopi dipercaya dapat membantu mata untuk tetap terjaga karena terdapat kandungan kafein di dalamnya.

 Namun kopi ternyata juga bisa dijadikan sebagai masker mata atau krim dimana mengandung kafein dapat membantu mengurangi pembengkakan pada mata dan sekitar mata. Kafein sendiri juga bisa membantu dalam menyempitkan pembuluh darah.

  1. Sifat Anti Inflamasi

Sama seperti manfaatnya untuk mengurangi pembengkakan mata, dimana kandungan anti inflamasi mampu membantu mengurangi kemerahan dan peradangan, membuat kulit terasa lebih tenang.

  1. Sebagai Efek Pencerah

Efek stimulasi kafein selain menjadi penyelamat kantuk juga bisa mencerahkan kulit,. dimana aliran darah juga berkontribusi membantu pada penampilan kulit untuk lebih cerah dan segar.

Untuk menggabungkan kopi ke dalam kegiatan perawatan kulit, juga bisa dengan membuat scrub DIY, masker, atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kopi.

Tapi dalam penggunaannya untuk perawatan kulit perlu diingat karena setiap individu memiliki berbagai reaksi dan bervariasi.

Maka dari itu perlu untuk dilakukan uji coba terlebih dahulu, dan tetap konsultasi dengan seorang dermatologi atau profesional di bidangnya dalam perawatan kulit.

Kita juga bisa memanfaatkan kopi untuk berbagai resep kecantikan selain kulit, yaitu untuk perawatan kulit kepala dan juga rambut.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #selain #jadi #penyelamat #kantuk #berikut #manfaat #kopi #bagi #kecantikan #kulit #yang #jarang #diketahui

KOMENTAR