Lebih Mengutamakan Investasi Dibandingkan Tabungan, Ini 6 Tanda Anda Berada di Jalan Menuju Kekayaan
Salah satu tanda berada di jalur kekayaan adalah lebih mengutamakan investasi daripada menabung (freepik)
08:22
27 September 2024

Lebih Mengutamakan Investasi Dibandingkan Tabungan, Ini 6 Tanda Anda Berada di Jalan Menuju Kekayaan

Tahukah Anda bahwa menurut Statista, hanya sekitar 6,5 persen orang Amerika yang menjadi jutawan?

Meskipun statistik ini mungkin tampak mengecewakan namun penting untuk menyadari bahwa membangun kekayaan adalah sebuah perjalanan bukan tujuan.

Artinya jalan menuju kesuksesan finansial didukung dengan kebiasaan, pola pikir dan tindakan tertentu.

Dengan mengidentifikasi indikator-indikator ini, Anda dapat mengukur apakah Anda berada di jalur yang benar dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk mempercepat perjalanan membangun kekayaan Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai tujuh tanda yang menunjukkan bahwa Anda berada di jalur menuju kekayaan. Wawasan ini diambil dari kebiasaan orang sukses dan didukung oleh penelitian.

Berikut 6 tanda Anda berada di jalan menuju kekayaan sebagaimana dilansir dari laman New Trader U, Jumat (27/9) :

1. Diversifikasi sumber pendapatan Anda

Salah satu indikator utama bahwa Anda berada di jalur menuju kekayaan adalah adanya beberapa aliran pendapatan dalam portofolio keuangan Anda.

Menariknya, sebuah studi yang dikutip di Guif News sekitar 65 persen jutawan memiliki setidaknya 3 aliran pendapatan sebelum menghasilkan satu juta dolar pertama mereka.

Diversifikasi ini bukan hanya tentang menambah pemasukan uang tetapi tentang menciptakan stabilitas keuangan dan mempercepat akumulasi kekayaan.

Aliran pendapatan standar meliputi pekerjaan atau bisnis utama Anda, sewa real estat, usaha sampingan dan pendapatan investasi.

Setiap aliran tambahan meningkatkan pendapatan Anda secara keseluruhan dan menyediakan jaring pengaman jika salah satu sumber gagal.

Intinya, dengan diversifikasi pendapatan, Anda dapat meningkatkan potensi penghasilan dan membangun ketahanan dalam strategi keuangan Anda.

2. Mengutamakan Investasi dibandingkan tabungan

Jika Anda lebih fokus pada pengembangan investasi daripada sekadar menambah saldo rekening tabungan maka Anda menunjukkan tanda penting lain bahwa Anda sedang berada di jalur menuju kekayaan.

Seperti yang dikatakan oleh Grant Cardone seorang miliuner yang merintis usahanya sendiri, “menginvestasikan uang adalah cara untuk menjadi sangat kaya. Satu-satunya alasan untuk menabung adalah untuk menginvestasikan uang suatu hari nanti.

Meskipun menabung penting untuk stabilitas keuangan jangka pendek namun investasi membangun kekayaan jangka panjang. Perbedaan utamanya terletak pada potensi pertumbuhan dan bunga majemuk.

Aturan praktis yang baik adalah menargetkan untuk menginvestasikan setidaknya 20 persen dari pendapatan Anda setiap tahun.

3. Mengelilingi diri Anda dengan kesuksesan

Perusahaan yang Anda ikuti memainkan peran penting dalam membentuk masa depan finansial Anda. Orang kaya cenderung bergaul dengan orang-orang sukses lainnya yang menginspirasi dan memotivasi mereka.

Ini bukan tentang elitism namun tentang mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menantang Anda untuk berpikir lebih besar dan mendorong Anda menuju tujuan Anda.

Cara praktis untuk meraih kesuksesan meliputi bergabung dengan organisasi profesional, menghadiri acara industri dan mencari mentor di bidang Anda.

Koneksi ini dapat memberikan wawasan berharga, membuka pintu peluang baru dan membuat Anda bertanggung jawab terhadap tujuan keuangan Anda.

4. Membuat keputusan yang cepat dan percaya diri

Ciri lain dari mereka yang berada di jalur menuju kekayaan adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan meyakinkan.

Penelitian Napoleon Hill yang dijelaskan dalam bukunya “Think and Grow Rich” melaporkan bahwa ratusan jutawan menemukan bahwa mereka semua memiliki kebiasaan untuk mengambil keputusan dengan cepat.

Ketegasan ini penting dalam bisnis dan investasi dimana peluang bisa cepat berlalu dan keraguan bisa merugikan.

5. Menetapkan tujuan keuangan yang jelas

Jika Anda telah menetapkan tujuan keuangan yang spesifik dan terukur untuk diri sendiri maka menunjukkan Anda berada di jalur menuju kekayaan. Hal ini mampu memberikan arahan dan motivasi dalam perjalanan membangun kekayaan.

Sasaran keuangan yang jelas dapat mencakup mencapai tonggak pendapatan tertentu, menabung persentase tertentu dari pendapatan Anda atau mencapai target pengembalian investasi.

6. Merangkul pembelajaran sepanjang hayat

Orang yang kaya cenderung masih pembelajar yang rakus artinya mereka terus-menerus mendidik diri mereka sendiri bahkan setelah pendidikan formal berakhir.

Komitmen untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat adalah tanda Anda berada di jalur menuju kekayaan.

Orang-orang yang sukses membangun perpustakaan pribadi yang luas dan mengutamakan membaca dan belajar daripada hiburan pasif. Misalnya, miliarder Mark Cuban membaca lebih dari 3 jam sehari.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #lebih #mengutamakan #investasi #dibandingkan #tabungan #tanda #anda #berada #jalan #menuju #kekayaan

KOMENTAR