Jika Kamu Orang yang Dewasa Secara Sosial, Biasanya Kamu Punya 8 Tanda Ini, Menurut Psikologi
8 tanda kamu orang dewasa secara sosial (verywellmind)
22:04
17 September 2024

Jika Kamu Orang yang Dewasa Secara Sosial, Biasanya Kamu Punya 8 Tanda Ini, Menurut Psikologi

- Kedewasaan seseorang bukan hanya diukur dari berapa banyak umurnya atau berapa banyak kerut diwajahnya. Kedewasaan bisa dilihat dari aspek sosial Anda.

Nyatanya orang yang lebih tua tak lebih dewasa dawasa dari anak muda. Kedewasaan seseorang berperan penting dalam hubungan, karena membantu kita menyelesaikan konflik dan menjalin hubungan yang memuaskan dan aman.

Dikutip oleh JawaPos.com, Selasa (17/9) di laman verywellmind.com orang yang dewasa secara sosial, kamu memiliki 8 tanda berikut ini:

1. Anda berempati terhadap orang lain

Menjadi dewasa secara emosional berarti Anda mampu mengalihkan fokus dari kebutuhan dan sudut pandang Anda sendiri pada saat-saat tertentu, dan berfokus pada realitas emosional orang lain.

2. Mampu mengenali dan membagikan perasaan

Orang yang telah dewasa secara sosial mampu mengenali perasaan mereka, dan juga memiliki pemahaman tentang apa yang memotivasi mereka untuk merasakan apa yang mereka rasakan.

3. Anda fleksibel dan berpikir terbuka

Ciri penting lain dari individu yang matang secara emosional adalah mereka tidak kaku dalam berpikir.

Hidup pada dasarnya penuh tantangan, dan orang yang dewasa secara sosial akan menanggapi tantangan hidup dengan pikiran terbuka dan kreatif.

4. Anda Mampu Membentuk Hubungan yang Aman dan Sehat

Tanda penting kedewasaan secara sosial adalah kemampuan untuk menjaga hubungan yang sehat dan aman dengan orang lain.

Keterikatan aman mengacu pada rasa percaya, keamanan, dan hubungan yang mendalam yang dikembangkan individu selama tahun-tahun awal kehidupan mereka melalui pengasuhan yang konsisten dan responsif.

5. Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda

Orang yang dewasa seccara sosial mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka akan memengaruhi orang lain dan akan bertanggung jawab jika tindakan mereka berakhir dengan menimbulkan kerugian.

6. Menempatkan batasan yang sehat

Mampu menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat merupakan landasan kedewasaan secara sosial.

Itu berarti Anda mampu menyatakan batasan emosional Anda kepada diri sendiri dan orang lain, dan mampu berpegang teguh pada batasan tersebut saat menghadapi konflik.

7. Anda mampu menyelesaikan konflik

Tidak ada yang bisa menghindar dari kenyataan bahwa konflik akan muncul dalam hidup, tetapi itu tergantung pada bagaimana Anda menanganinya.

Orang yang dewasa secara sosial akan berusaha menyelesaikan konflik, daripada memperpanjang konflik, atau memanfaatkan kekacauan yang ada.

8. Anda mengelola stres dengan cara yang sehat

Hal lain yang pasti dalam hidup adalah Anda akan menghadapi stres. Orang yang dewasa secara sosial tidak akan berusaha menyingkirkan stres atau menghindarinya.

Pada saat yang sama, mereka tidak akan terjerumus ke dalam keputusasaan setiap kali mereka menghadapinya. Sebaliknya, mereka akan belajar cara mengelola stres.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jika #kamu #orang #yang #dewasa #secara #sosial #biasanya #kamu #punya #tanda #menurut #psikologi

KOMENTAR