Pemulihan Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Diapresiasi Dunia, Ditunjuk UNESCO Jadi Tuan Rumah Gateways Study Visit
Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Gateways Study Visit (Dok. Kemendikbudristek)
18:06
12 September 2024

Pemulihan Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Diapresiasi Dunia, Ditunjuk UNESCO Jadi Tuan Rumah Gateways Study Visit

Upaya dan hasil pemulihan sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi diapresiasi banyak negara dan organisasi internasional. Oleh karena itu, Indonesia pun ditunjuk menjadi tuan rumah Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) yang akan berlangsung pada 1–3 Oktober 2024 di Bali.

Konferensi internasional bertajuk “Lebih dari Intervensi Teknologi: Menavigasi Transformasi Pendidikan Indonesia” tersebut direncanakan akan dihadiri oleh delegasi lebih dari 20 negara dan organisasi internasional. Acara ini menjadi kesempatan bagi Indonesia dan negara peserta dalam berbagi pengalaman, mendiskusikan tentang keberhasilan, tantangan, dan keberlanjutan transformasi pendidikan yang dilakukan, terutama dalam payung Merdeka Belajar.

‘Gateways’ adalah inisiatif global yang dijalankan bersama oleh Unesco dan Unicef untuk membantu negara-negara dalam membangun dan meningkatkan platform pembelajaran digital publik. Inisiatif ini memfasilitasi kerja sama lintas batas untuk memastikan bahwa semua murid, guru, dan keluarga memiliki akses ke konten pendidikan digital yang berkualitas tinggi, terorganisir dengan baik, dan sesuai dengan kurikulum.

Gateways Study Visit adalah pertemuan langsung yang berlangsung selama beberapa hari untuk mempelajari bagaimana negara tuan
rumah mendukung pendidikan publik di ruang online dan digital. Kegiatan ini pertama kalinya diselenggarakan dari tanggal 14-16 Mei 2024 lalu melalui kemitraan dengan negara Mesir.

Baca Juga: Ungkap Lolly Punya Asuransi Pendidikan Rp8 Miliar, Nikita Mirzani Diwanti-wanti Warganet: Takut Ngincar...

Kesuksesan kegiatan di Mesir mendorong Unesco dan Unicef untuk melanjutkan Gateways Study Visit ke Indonesia dengan kemitraan bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Indonesia melalui Kemendikbudristek dipandang sebagai negara dengan skala dan kompleksitas besar yang sukses menerapkan kebijakan pendidikan melalui strategi inovasi digital dan teknologi untuk mengakselerasi kualitas pendidikan, apalagi didukung keberhasilan Indonesia menekan laju hilangnya pembelajaran (learning loss) yang semakin parah saat pandemi.

“Kepercayaan UNESCO dan UNICEF kepada Indonesia sebagai tuan rumah menjadi penyemangat bagi kami karena menunjukkan bahwa transformasi pendidikan yang dilakukan sudah berjalan di arah yang tepat. Kami harap, kompleksitas dan skala transformasi pendidikan yang dilakukan Indonesia dapat menjadi pembelajaran dan pemantik aneka gagasan inovatif dalam pelaksanaan GSVI nanti untuk memperkuat upaya peningkatan kualitas pendidikan yang berfokus pada murid,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Iwan Syahril.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbudristek Yudhistira Nugraha menyebutkan, Indonesia telah melakukan transformasi ekosistem pendidikan dalam lima tahun terakhir. Platform digital yang dikembangkan secara holistik, antara lain Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, Kampus Merdeka, akun belajar.id, ARKAS dan SIPLAH.

“Hari ini kita melihat guru-guru yang mendapatkan akses pelatihan berkualitas melalui platform Merdeka Mengajar meningkat 7 kali lipat dibandingkan pada 2019. Selain itu, lebih dari 95 persen sekolah telah melakukan perencanaan berbasis data menggunakan platform Rapor Pendidikan. Artinya, kehadiran solusi teknologi ini membantu aktor pendidikan, seperti guru, kepala sekolah, dan kepala dinas untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi lebih fokus melakukan peningkatan kualitas pendidikan yang berfokus pada murid. Harapannya, capaian-capaian kuantitatif dan kualitatif yang sudah berlangsung ini dapat dilakukan secara
berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa,” kata Yudhistira.

Baca Juga: Pendidikan Sherly Annavita, Pernah Dikecewakan Anies Baswedan: Bapak Menolak Kala Itu

Dalam GSVI nanti, terdapat beragam sub-acara termasuk sesi tingkat menteri, pendalaman strategi inovasi dan teknologi pendidikan Indonesia, lokakarya dan diskusi. Tersedia juga ragam kegiatan yang bertujuan membuka wawasan peserta delegasi terkait tantangan, capaian, dan keberlanjutan penerapan transformasi pendidikan di Indonesia. Serta, penampilan seni dari pelajar dan pelaku budaya untuk menunjukkan keberagaman Indonesia.

“Kita sebagai bangsa Indonesia harus merasa bangga diminta UNESCO dan UNICEF untuk menyelenggarakan Gateways Study Visit karena ini merupakan salah satu dari berbagai bentuk pengakuan global bahwa transformasi pendidikan kita sudah berada di jalan dan arah yang tepat. Sehingga, sangat penting upaya peningkatan kualitas pendidikan tersebut dipastikan keberlanjutannya dengan berlandaskan semangat gotong royong bangsa Indonesia,” tutup Iwan.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #pemulihan #pendidikan #indonesia #pasca #pandemi #diapresiasi #dunia #ditunjuk #unesco #jadi #tuan #rumah #gateways #study #visit

KOMENTAR