Koi Pla, Kudapan Tradisional Mematikan dari Mekong yang Renggut 20.000 Nyawa per Tahun
Ilustrasi Ikan Asin (unsplash/aldrin pradana)
14:08
23 Juli 2024

Koi Pla, Kudapan Tradisional Mematikan dari Mekong yang Renggut 20.000 Nyawa per Tahun

Koi Pla, makanan tradisional yang populer dan marak dikonsumsi di Thailand dan Laos dikatakan bertanggung jawab atas kematian sekitar 20.000 orang setiap tahunnya.

Dianggap sebagai salad oleh masyarakat Lao di Laos dan wilayah Isaan di Thailand, Koi Pla terbuat dari ikan mentah cincang, jus lemon, bumbu, dan rempah-rempah. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ikan adalah bahan bermasalah dalam masakan ini, meski secara teknis, yang dimaksud adalah parasit yang hidup di dalam ikan.

Koi Pla paling sering dibuat dengan ikan air tawar mentah dari lembah Mekong yang sering dipenuhi cacing pipih parasit yang dikenal sebagai cacing hidup. Parasit ini telah lama diketahui menyebabkan salah satu jenis kanker paling agresif yang diketahui manusia, kolangiokarsinoma, atau kanker saluran empedu, yang menyebabkan kematian sekitar 20.000 orang di Thailand saja.

Ilustrasi Ikan (pexels/ungin arkyut)Ilustrasi Ikan (pexels/ungin arkyut)

“Ini merupakan beban kesehatan yang sangat besar di sini,” Narong Khuntikeo, seorang ahli bedah hati di Universitas Khon Kaen di Thailand, mengatakan kepada Agence France-Presse pada tahun 2017. “Tetapi tidak ada yang tahu tentang hal ini karena mereka mati secara diam-diam, seperti dedaunan yang jatuh dari pohon.”

Baca Juga: Siap-siap Bantai Lagi! 3 Lawan Terberat Timnas Indonesia Jika Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2024

Khuntikeo, yang kedua orang tuanya meninggal karena kanker saluran setelah seumur hidup memakan Koi Pla, telah menghabiskan waktu bertahun-tahun bepergian ke pedesaan timur laut Thailand dan memperingatkan orang-orang tentang bahaya mengonsumsi hidangan murah namun berbahaya tersebut. Sayangnya, hidangan ikan tradisional ini sangat populer di wilayah Isaan di Thailand sehingga membuat orang berhenti memakannya sangatlah sulit.

Beberapa orang hanya akan mengatakan hal-hal seperti “Ya, ada banyak cara untuk mati,” sementara yang lain mengklaim bahwa memasak ikan sebelum menambahkannya ke dalam masakan akan merusak rasanya. Generasi tua yang tumbuh dengan Koi Pla lebih enggan untuk melepaskannya, namun dokter seperti Narong Khuntikeo berharap setidaknya generasi muda akan menyadari bahaya yang mereka hadapi jika memakannya.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Dikatakan bahwa satu suapan Koi Pla secara teknis cukup menyebabkan kanker saluran empedu. Dikenal sebagai “pembunuh diam-diam”, penyakit ini memiliki tingkat kelangsungan hidup terendah tanpa operasi. Isaan, provinsi terbesar di Thailand, memiliki laporan kasus kanker saluran empedu tertinggi di dunia karena popularitas Koi Pla yang tak tergoyahkan.

Dr. Khuntikeo melakukan pengujian ekstensif terhadap penduduk desa di provinsi Isaan, Thailand, dan menemukan bahwa 80% dari mereka pernah menelan cacing hidup, dan meskipun tidak semua dari mereka menderita kanker saluran empedu, terdapat risiko berkembangnya kondisi mematikan tersebut di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Drama Thailand Dibintangi Kharittha Sungsaopath, Ada The Royal Bracelet

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kudapan #tradisional #mematikan #dari #mekong #yang #renggut #20000 #nyawa #tahun

KOMENTAR