Eks-KSAU Israel: Iran Superpower Soal Rudal dan Drone Tapi Lembek Soal Pertahanan
Jet tempur siluman baru Israel, F-35, buatan Lockheed Martin, AS, dalam terbang uji coba. Tantangan Israel bukan lah bagaimana menembus artileri pertahanan udara anti-pesawat Iran yang sudah kuno, tapi bagaimana menghancurkan fasilitas yang berada di bawah tanah. 
00:00
19 April 2024

Eks-KSAU Israel: Iran Superpower Soal Rudal dan Drone Tapi Lembek Soal Pertahanan

Sejumlah pakar militer Israel meyakini kalau negaranya tidak akan mengalami kesulitan dalam mencapai sasaran di wilayah Iran jika negara pendudukan tersebut memutuskan untuk membalas secara langsung.

Serangan balik Israel ini diyatakan akan segera dilakukan sebagai balasan atas serangan drone dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Sabtu malam.

Keyakinan kalau Israel akan secara mudah menyasar target di Iran itu mengacu pada kekuatan angkatan udara Teheran yang sudah ketinggalan zaman.

Brigadir Jenderal (reserve) Zvika Haimovich, mantan kepala Pertahanan Udara Israel Air Forces (Angkatan Udara Israel/IAF) mengatakan, sistem pertahanan udara dalam negeri Israel saat ini masih berbasis pada model lama Rusia.

"Iran adalah “negara adidaya dalam rudal balistik taktis dan UAV,” katanya, dilansir Times of Israel, Kamis (18/4/2024).

Haimovich menambahkan, jika Iran adalah jagonya drone dan rudal, tapi tidak dengan sistem pertahanan udaranya.

Sebuah foto yang dirilis militer Iran pada Selasa, 3 Oktober 2023 menunjukkan peluncuran drone bunuh diri Iran selama latihan drone nasional oleh Angkatan Udara Iran yang dipusatkan di Provinsi Semnan utara, Iran. Sebuah foto yang dirilis militer Iran pada Selasa, 3 Oktober 2023 menunjukkan peluncuran drone bunuh diri Iran selama latihan drone nasional oleh Angkatan Udara Iran yang dipusatkan di Provinsi Semnan utara, Iran. (Militer Iran via AP)

Dia merinci, lembeknya pertahanan udara Iran sebagian besar dibangun dengan menggunakan sistem rudal anti-pesawat S-200 dan S-300 Rusia atau serangkaian produk setara yang diproduksi secara lokal seperti Bavar-373, Khordad, Raad, Sayyad dan Talash.

Artileri pertahanan udara (Arhanud) Iran ini, kata dia merupakan sistem persenjataan anti-pesawat udara yang sama tuanya dengan pesawat-pesawat tempur Amerika Serikat dn Rusia buatan tahun 70-an.

"Beberapa di antaranya berasal dari era Shah Mohammed Reza Pahlavi tahun 1970-an," kata dia.

Sistem Arhanud serupa, tambahnya, juga dikerahkan di Suriah sejak tahun 2015 yang biasa dihadapi Angkatan Udara Israel, sehingga memberikan pilot Israel pengalaman bertahun-tahun dalam menanganinya.

“Angkatan Udara dan Angkatan Udara Koalisi kami terbang di lingkungan ini. Mereka tahu cara menangani sistem ini secara efektif,” kata Haimovich.

“Saya akan memberi mereka rasa hormat, tapi itu bukan tantangan utama dalam menghadapi Iran,” katanya soal apa tantangan utama Israel jika menyerang Iran.

Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin. Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin. (Foto Angkatan Udara AS/Samuel King Jr.)

Bisakah Bom Israel Menembus Bunker Iran?

Soal itu Sidharth Kausha, seorang peneliti di Royal United Strategic Institute di London, mengatakan tantangan utama bagi Israel mungkin bukan menghindari rudal permukaan-ke-udara Iran, namun apakah mereka berhasil menyerang pangkalan militer di Iran barat dan selatan yang membutuhkan penggunaan kekuatan bom tembus.

Ini merujuk pada dugaan kalau fasilitas-fasilitas sensitif militer Iran tersembunyi di bawah tanah.

Kausha mengatakan pesawat Israel, seperti jet siluman F-35, mungkin mudah menghindari jaringan pertahanan udara Iran, tapi biasanya jeti ini cuma bisa membawa persenjataan yang kecil.

"Untuk menyerang target yang terkubur dalam, mungkin diperlukan amunisi yang lebih besar, yang berarti amunisi tersebut mungkin harus dibawa secara eksternal dengan pesawat seperti F-16 – sehingga lebih mudah dideteksi oleh radar," katanya.

Jet tempur F-15EX Angkatan Udara Amerika Serikat. Jet tempur F-15EX Angkatan Udara Amerika Serikat. (FlightGlobal/US Air Force)

Demi keamanan, dia menyarankan pilot Israel untuk meluncurkannya dari jarak yang lebih jauh.

“Jaringan pertahanan udara Iran tentu saja tidak bisa ditembus oleh pesawat-pesawat ini, namun hal ini meningkatkan risiko kerugian dan kapasitas Iran untuk, setidaknya secara teori, mencegat beberapa amunisi yang datang meningkat,” katanya.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel semalaman dari Sabtu hingga Minggu pagi, sebagai pembalasan atas dugaan serangan udara Israel terhadap apa yang dikatakan Teheran sebagai gedung konsulat Iran di Damaskus.

Israel dan sekutu-sekutunya mengklaim menembak jatuh sebagian besar drone dan rudal dan serangan tersebut hanya menyebabkan satu orang cedera, namun kekhawatiran akan pembalasan Israel tetap memicu ketakutan akan perang regional yang besar-besaran.

(oln/toi/*)

Tag:  #ksau #israel #iran #superpower #soal #rudal #drone #tapi #lembek #soal #pertahanan

KOMENTAR