Pasukan Israel Blokade Total Gaza Utara, Pertontonkan Pelanggaran Berat Hukum Internasional
Seorang pria mengacungkan tanda V yang berarti kemenangan saat warga Palestina yang mengungsi dari operasi militer Israel di Beit Lahia di Jalur Gaza utara berjalan di sepanjang jalan utama Salah al-Din di Kota Gaza timur menuju pusat kota, pada tanggal 22 Oktober 2024, di tengah perang yang sedang berlangsung di wilayah Palestina antara Israel dan Hamas. (Photo by Omar AL-QATTAA / AFP) 
20:10
23 Oktober 2024

Pasukan Israel Blokade Total Gaza Utara, Pertontonkan Pelanggaran Berat Hukum Internasional

Pasukan tentara zionis, Israel melakukan blokade total di wilayah Gaza bagian utara, Palestina.

Kondisi ini membuat fasilitas kesehatan seperti rumah sakit Indonesia yang ada di wilayah tersebut kehabisan pasokan medis, makanan dan bahan bakar.

Akibat blokade ini, warga Palestina juga dilanda kelaparan hingga kematian imbas hilangnya pasokan makanan.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan lagi-lagi Israel secara terang-terangan melakukan pelanggaran berat atas hukum internasional, hukum humaniter dan hak asasi manusia.

“Serangan yang menargetkan fasilitas kesehatan dan tenaga medis di Gaza Utara ini, termasuk Rumah Sakit Indonesia, jelas-jelas merupakan pelanggaran berat atas hukum internasional, hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia,” kata Kemlu RI dalam keterangan resminya, Rabu (23/10/2024).

Pasalnya rumah sakit, tenaga medis dan seluruh korban yang tengah dirawat wajib dilindungi dalam keadaan apapun tanpa kecuali. 

Pemerintah Indonesia secara tegas menuntut Israel menyetop serangannya di seluruh wilayah Gaza, utamanya Gaza utara.


Indonesia juga mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk tidak diam dan segera bertindak menyetop serangan tersebut.

“Indonesia menuntut Israel segera menghentikan serangannya di seluruh wilayah Gaza, terutama  Gaza Utara serta mendesak DK PBB untuk bertindak tegas dan segera menghentikan perang,” kata Kemlu RI.

 

 

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #pasukan #israel #blokade #total #gaza #utara #pertontonkan #pelanggaran #berat #hukum #internasional

KOMENTAR