Israel Akan Persenjatai Pemukim Ilegal Israel di Tepi Barat Palestina dengan Rudal Anti-Tank
Pemukim ilegal asal Israel yang dipersenjatai IDF/MEMO/Getty Image
11:45
26 Januari 2024

Israel Akan Persenjatai Pemukim Ilegal Israel di Tepi Barat Palestina dengan Rudal Anti-Tank

 

 Penderitaan masyarakat Palestina atas penjajahan yang dilakukan Israel masih terus berlanjut.

Saat ini, Rakyat Palestina tidak hanya berlindung dari upaya genosida militer Israel, namun mereka juga harus siap berperang dengan pemukim ilegal Israel yang dipersenjatai oleh IDF.

Di West Bank atau Tepi Barat Palestina, terdapat cukup banyak pemukim yahudi asal Israel, mereka telah dipersenjatai dengan senjata militer untuk tinggal di daerah tersebut.

Kini, Israel berencana perkuat pertahan mereka dengan memberikan rudal anti-tank di wilayah pemukim ilegal tersebut.

Dilansir dari MEMO (25/1), Tentara Israel sedang mempertimbangkan rencana untuk menempatkan rudal anti-tank di pemukiman ilegal yang terletak di Tepi Barat yang kini telah dikuasai.

Penempatan rudal anti-tank, ditujukan untuk memberikan perlindungan dari skenario serupa pada operasi perlawanan yang dilakukan oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober 2023 lalu, sebagaimana surat kabar Israel Haaretz melaporkan kemarin (24/1).

Menurut surat kabar tersebut, tentara Israel mengkonfirmasi bahwa rencana tersebut sedang dipertimbangkan.

Mereka menambahkan bahwa, tentara telah mengadakan diskusi tentang kemungkinan mempersenjatai pasukan keamanan sipil di pemukiman terpencil di Tepi Barat dan pemukiman lain di dekat desa-desa Palestina dengan rudal anti-tank.

Militer Israel itu mengatakan bahwa, “komandan IDF belum menyatakan penolakan dalam pertemuan yang diadakan sejauh ini, dan rencana tersebut sekarang menunggu persetujuan dari pejabat senior keamanan." 

Haaretz mengatakan usulan tersebut bertujuan untuk menyediakan senjata yang tepat untuk menghadapi skenario dimana penyabotase dari Palestina menyerang pemukiman ilegal dengan mobil, mirip dengan serangan tanggal 7 Oktober.

Surat kabar tersebut mengatakan rencana tersebut muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Tepi Barat dan tekanan yang diberikan oleh pejabat senior sayap kanan, serta pusat keamanan militer di pemukiman tersebut sejak dimulainya perang di Jalur Gaza.

Menurut Haaretz, tentara sejauh ini telah mendistribusikan sejumlah besar senjata dan amunisi kepada pasukan keamanan sipil untuk penguatan, termasuk ribuan pistol, senapan semi-otomatis M-16, dan senapan mesin.

Haaretz mengutip pernyataan tentara Israel,“Langkah ini bertujuan untuk memperkuat pertahanan permukiman, sehingga penduduknya dapat merespons dengan cepat jika terjadi serangan massal dan kendaraan."

Tentara menambahkan bahwa anggota Hamas menggunakan mobil dan sepeda motor pada tanggal 7 Oktober 2023, sehingga kedatangan Angkatan Udara, anggota pasukan keamanan dan warga yang membela diri merasa kesulitan untuk menghadapi kendaraan Hamas tersebut.

  ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #israel #akan #persenjatai #pemukim #ilegal #israel #tepi #barat #palestina #dengan #rudal #anti #tank

KOMENTAR