Mahkamah Agung AS Tolak Upaya Dana Nasional Yahudi Membungkam Kelompok Advokasi Palestina
Gedung Mahkamah Agung AS. - Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS), Tolak Upaya Dana Nasional Yahudi Membungkam Kelompok Advokasi Palestina 
09:50
24 Januari 2024

Mahkamah Agung AS Tolak Upaya Dana Nasional Yahudi Membungkam Kelompok Advokasi Palestina

Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS), menolak gugatan yang diajukan oleh Dana Nasional Yahudi (JNF) dan beberapa warga Amerika yang tinggal di wilayah pendudukan Palestina terhadap kelompok advokasi Palestina, yang berbasis di AS.

Gugatan tersebut, yang menargetkan Kampanye AS untuk Hak-Hak Palestina (USCPR) atas advokasinya, termasuk dukungan terhadap gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS), mengklaim bahwa kelompok tersebut memberikan “dukungan material” untuk terorisme.

Penolakan pengadilan distrik dengan suara bulat atas kasus tersebut dikuatkan oleh Pengadilan Banding Sirkuit DC.

“Gugatan ini hanyalah salah satu contoh dari serangkaian upaya untuk membungkam warga Palestina yang memperjuangkan kebebasan mereka," kata Pusat Hak Konstitusional (CCR) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (22/1/2024), dilansir Palestine Chronicle.

CCR sendiri merupakan kelompok advokasi hukum nirlaba yang berbasis di New York, lapor Al Mayadeen.

CCR menguraikan, tuduhan dukungan terhadap terorisme digunakan untuk mendiskreditkan dan tidak memanusiakan warga Palestina atas pembelaan mereka, termasuk dukungan mereka terhadap boikot,” 

Pernyataan itu menambahkan bahwa pengacara USCPR mengatakan penolakan tersebut adalah “kemenangan penting bagi gerakan ini dan secara pasti meluruskan permasalahan.”

Pernyataan CCR menyatakan bahwa JNF, yang berkantor pusat di Yerusalem, “adalah lembaga semi-negara yang memperoleh dan mengelola tanah hanya untuk kepentingan warga Yahudi Israel.”

Gugatan JNF menuduh bahwa USCPR bertanggung jawab atas “balon dan layang-layang pembakar teror” yang dikirim dari Gaza ke wilayah JNF selama Great Return March 2018, tambahnya.

“Pesan USCPR adalah keadilan bagi semua dan diakhirinya pendanaan genosida. Tidak ada tuntutan hukum di dunia yang dapat menghentikan kami untuk menuntut hak asasi manusia,” kata Direktur Eksekutif Kampanye AS untuk Hak-Hak Palestina, Ahmad Abuznaid.

Ahmad Abuznaid menambahkan bahwa kelompok tersebut akan tetap fokus menentang genosida Israel terhadap rakyat Palestina dan mengupayakan keadilan dan kebebasan bagi rakyat Palestina.

Lebih lanjut, menurut pernyataan tersebut, yang menjadi permasalahan adalah sponsor fiskal USCPR terhadap Komite Nasional Boikot dan ekspresi dukungan terhadap hak dan tuntutan warga Palestina yang berpartisipasi dalam Great Return March.

Yang terakhir adalah ketika warga Palestina melakukan protes untuk menuntut penghormatan terhadap hak mereka untuk kembali ke desa-desa tempat mereka diusir pada tahun 1948.

“Kedua aktivitas ini, klaim gugatan tersebut, merupakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Antiterorisme AS, yang melarang “dukungan material” untuk terorisme,” kata pernyataan itu.

“Upaya JNF yang berkepanjangan dan mengerikan dalam melakukan ekspedisi penangkapan ikan untuk membungkam dan mengintimidasi advokasi mendesak bagi hak-hak Palestina telah secara definitif dihentikan oleh Mahkamah Agung,” kata Diala Shamas, Staf Jaksa Senior di CCR, dikutip dari MEMO.

Shamas menambahkan bahwa “tuduhan JNF tidak berdasar, sebagaimana diakui oleh pengadilan negeri, pengadilan banding, dan kini dikonfirmasi oleh Mahkamah Agung.”

“Sekarang, ketika pemerintah Israel sedang melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza, sangatlah penting bagi para aktivis untuk bebas berbicara tanpa rasa takut,” kata pengacara tersebut.

Dia menekankan bahwa “Ini adalah kemenangan yang penting, namun USCPR seharusnya tidak menjadi sasaran pencemaran nama baik ini.”

Dikutip dari Ccjustice, USCPR adalah jaringan nasional aktivis dan organisasi yang berkomitmen terhadap kebebasan, keadilan, dan kesetaraan bagi rakyat Palestina dan berupaya mengakhiri keterlibatan AS dalam penindasan mereka.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #mahkamah #agung #tolak #upaya #dana #nasional #yahudi #membungkam #kelompok #advokasi #palestina

KOMENTAR