Kemenkes Investigasi Kasus Dugaan Mahasiswa Kedokteran Spesialis Undip Bunuh Diri Akibat Perundungan
Ilustrasi. Kemenkes RI menginvestigasi meninggalnya Aulia Risma Lestari (30), mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip) 
11:20
15 Agustus 2024

Kemenkes Investigasi Kasus Dugaan Mahasiswa Kedokteran Spesialis Undip Bunuh Diri Akibat Perundungan

- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Ri melakukan investigasi terkait meninggalnya Aulia Risma Lestari (30), mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip).

Aulia diduga bunuh diri karena mengalami perundungan dari seniornya di Undip.

Kemenkes melakukan pemeriksaan terhadap Pendidikan Dokter Spesialis FK Undip.

"Pembinaan dan pengawasan PPDS ada pada Pendidikan Dokter Spesialis FK Undip bukan pada RS Kariadi, sebagai unit dari Kemenkes. Walau demikian Kemenkes sudah bergerak cepat dan tegas untuk menginvestigasi kejadian ini," ujar Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril melalui keterangan tertulis, Kamis (15/8/2024).

Syahril mengungkapkan Kemenkes telah menerjunkan tim Inspektorat Jenderal ke Rumah Sakit Kariadi untuk menginvestigasi penyebab bunuh diri.

Tim Itjen Kemenkes bakal mencari penyebab Aulia melakukan bunuh diri.

"Tim Itjen Kemenkes sudah turun ke RS Kariadi untuk menginvestigasi pemicu bunuh diri, untuk memastikan apakah ini ada unsur bullying atau tidak. Mudah-mudahan dalam seminggu sudah ada hasilnya," katanya.

Penghentian sementara kegiatan PPDS Anastesi Undip di RS Kariadi, kata Syahril, untuk memberikan kesempatan investigasi dapat dilakukan dengan baik.

Dokter muda bernama Aulia Risma Lestari itu diduga sengaja mengakhiri hidupnya lantaran tak kuat menjadi korban perundungan atau bullying. Dokter muda bernama Aulia Risma Lestari itu diduga sengaja mengakhiri hidupnya lantaran tak kuat menjadi korban perundungan atau bullying. (HANDOUT)

Langkah ini juga untuk mencegah potensi adanya intervensi dari senior atau dosen kepada juniornya.

Investigasi Itjen Kemenkes mencakup kegiatan almarhumah selama di RS Kariadi.

"Walau PPDS ini program Undip, Kemenkes tidak bisa lepas tangan karena yang bersangkutan juga melakukan pendidikannya di lingkungan RS Kariadi sebagai UPT Kemenkes," tutur Syahril.

Dikutip dari Tribunjateng, Aulia ditemukan meninggal di kamar kosnya kawasan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang.

Menurut sumber yang tak mau menyebut namanya, Aulia diduga mengakhiri hidup dengan menyuntikkan obat bius ke tubuhnya sendiri.

Obat bius yang digunakan korban adalah jenis Roculax.

"Korban diduga melakukan bunuh diri dengan menyuntikkan Roculax di kamar kosnya,” ujar sumber tersebut kepada Tribun Jateng, Rabu.

Editor: Anita K Wardhani

Tag:  #kemenkes #investigasi #kasus #dugaan #mahasiswa #kedokteran #spesialis #undip #bunuh #diri #akibat #perundungan

KOMENTAR