Diharapkan Jadi RS Kardiologi Terbaik di ASEAN, UEA Resmikan Pembangunan Rumah Sakit Jantung di Solo
Rumah Sakit Jantung UEA-Indonesia (UAE Global Hospital Program)
14:32
22 Juli 2024

Diharapkan Jadi RS Kardiologi Terbaik di ASEAN, UEA Resmikan Pembangunan Rumah Sakit Jantung di Solo

Rumah Sakit Jantung UEA-Indonesia dengan kapasitas 135 tempat tidur akan menjadi rumah sakit pertama yang didirikan sebagai bagian dari program UAE Global Hospital Program.

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan di Indonesia, terutama penyakit jantung iskemik dan stroke. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, penyakit kardiovaskular menyumbang sekitar 35% dari seluruh kematian di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Beban penyakit ini meningkat secara signifikan akibat perubahan gaya hidup, urbanisasi, dan populasi yang menua. 

Meskipun cakupan layanan kesehatan melalui program asuransi nasional telah diperluas, sistem pelayanan kesehatan masih kesulitan dalam mengelola peningkatan insiden penyakit jantung secara efektif. Selain itu, akses ke fasilitas kesehatan masih  belum merata, terutama di daerah pedesaan dan terpencil di Indonesia, di mana sekitar 70% dari populasi Indonesia tinggal. 

Dibandingkan di kota besar seperti Jakarta, akses secara keseluruhan ke layanan kesehatan spesialis dan berkualitas tinggi di kota Solo masih terbatas. Untuk menjembatani kesenjangan fasilitas kesehatan ini, dibangunlah Rumah Sakit Jantung UEA-Indonesia, sebuah proyek kesehatan internasional perintis hasil kerja sama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. 

Baca Juga: Sempat Berhenti Akibat Serangan dari Israel, Dua Rumah Sakit di Kota Gaza Kembali Beroperasi

Berlokasi di Solo, rumah sakit ini merupakan fasilitas pertama yang didirikan di bawah UAE Global Hospital Program, yang pembangunannya diharapkan selesai pada kuartal terahir tahun 2024.

Rumah Sakit Jantung UEA-Indonesia memiliki 135 tempat tidur dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, termasuk layanan rawat jalan dan rawat inap dengan ruang perawatan khusus, serta unit gawat darurat yang modern.

Rumah sakit baru ini diharapkan dapat menetapkan standar baru dalam perawatan jantung yang akan meningkatkan hasil pengobatan bagi pasien jantung di Indonesia secara signifikan. 

Rumah sakit ini juga mengintegrasikan teknologi medis canggih dan praktik pembangunan berkelanjutan, seperti penggunaan bahan baku lokal, penampungan air hujan, integrasi ekologi, dan pembangkit listrik tenaga surya bersih di dalam kampus, yang sejalan dengan komitmen kedua negara terhadap keberlanjutan lingkungan.

Program ini tak hanya mencerminkan komitmen jangka panjang Uni Emirat Arab terhadap kesetaraan kesehatan global dan kerja sama internasional, tetapi juga merupakan investasi signifikan dalam mendukung kesehatan global melalui Zayed Humanitarian Legacy Initiative, yang akan mendukung lembaga dan proyek yang bekerja untuk memberikan bantuan, mengatasi ketimpangan, dan memajukan solusi pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Anak Usaha Modernland Realty Gandeng Mayapada Healthcare Bangun Rumah Sakit di Lahan Seluas 1,5 Ha

Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirat Arab, H.E. Husin Bagis, berharap bahwa Rumah Sakit Jantung UEA-Indonesia akan menjadi rumah sakit kardiologi terbaik di ASEAN.     

Editor: Vania Rossa

Tag:  #diharapkan #jadi #kardiologi #terbaik #asean #resmikan #pembangunan #rumah #sakit #jantung #solo

KOMENTAR