7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker
Manfaat buah mangga untuk kesehatan (Pexels.com/Marco Antonio Victorino)
17:18
11 Mei 2024

7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker

 

Buah mangga adalah buah tropis yang populer karena rasa manisnya yang lezat dan teksturnya yang lembut. Buah ini pun mudah dijumpai di mana saja.

Mangga yang rasanya manis ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan manfaatnya luar biasa untuk kesehatan.

Dengan kombinasi nutrisi yang kaya, mangga adalah pilihan buah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari laman healthline pada Sabtu (11/5), berikut ini 7 manfaat buah mangga yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Dapat membantu mencegah diabetes

Mangga segar mengandung gula alami yang relatif tinggi dibandingkan dengan buah-buahan segar lainnya, yaitu lebih dari 22 gram setiap 165 gram.

Meskipun kadar gulanya tinggi, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa makan mangga segar dapat menyebabkan diabetes atau tidak sehat bagi orang yang memiliki penyakit diabetes.

Penelitian baru-baru ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya diabetes.

Mangga mengandung kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang sama, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Kaya akan antioksidan

Mangga kaya akan polifenol, yang merupakan senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh Anda.

Buah ini memiliki berbagai jenis antioksidan yang berbeda yang terkandung di dalam daging, kulit, dan bahkan biji mangga. Ini termasuk:

  • mangiferin
  • katekin
  • antosianin
  • asam galat
  • kaempferol
  • rhamnetin
  • asam benzoat

Antioksidan penting karena melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Penelitian telah mengaitkan kerusakan akibat radikal bebas dengan tanda-tanda penuaan dan penyakit kronis.

Penelitian pada tabung reaksi dan hewan telah menemukan bahwa mangiferin dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker, diabetes, dan penyakit lainnya.

  1. Mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Mangga adalah sumber nutrisi peningkat kekebalan tubuh yang baik.

Setiap 165 gram mangga mengandung 10% kebutuhan vitamin A harian dan 75% kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tidak mendapatkan cukup vitamin ini dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar.

Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit, membantu sel-sel ini bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

Mangga juga mengandung nutrisi lain yang juga dapat mendukung kekebalan tubuh, termasuk:

  • folat
  • vitamin E
  • beberapa vitamin B

  1. Mendukung kesehatan jantung

Mangga mengandung magnesium dan kalium yang membantu menjaga aliran darah yang sehat. Nutrisi ini membuat pembuluh darah tetap rileks sehingga tekanan darah dapat menurun.

Mangiferin yang merupakan antioksidan super dari mangga juga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, mangiferin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan asam lemak bebas dalam darah.

Meskipun temuan ini menarik, penelitian tentang mangiferin dan kesehatan jantung pada manusia saat ini masih kurang. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

  1. Baik untuk pencernaan

Mangga mengandung enzim pencernaan yang disebut amilase. Enzim pencernaan memecah molekul makanan yang besar sehingga tubuh dapat menyerapnya dengan mudah.

Amilase memecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltosa. Enzim ini lebih aktif pada mangga yang matang, itulah sebabnya mengapa mangga matang lebih manis daripada yang masih mentah.

Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

  1. Dapat mendukung kesehatan mata

Mangga mengandung lutein dan zeaxanthin yang terkonsentrasi di retina mata, yakni bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal sehingga otak dapat menafsirkan apa yang dilihat mata.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami, menyerap kelebihan cahaya. Selain itu, keduanya juga melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang mendukung kesehatan mata. Kekurangan vitamin A telah dikaitkan dengan mata kering dan kebutaan di malam hari.

  1. Dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu

Mangga mengandung tinggi polifenol yang memiliki sifat antikanker. Polifenol dapat membantu melindungi dari proses berbahaya yang disebut stres oksidatif, yang terkait dengan berbagai jenis kanker.

Polifenol juga telah ditemukan untuk menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia, kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara.

Mangiferin merupakan polifenol utama dalam mangga. Dalam penelitian pada hewan, mangiferin mengurangi peradangan, melindungi sel dari stres oksidatif, dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Meskipun penelitian ini menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk lebih memahami efek antikanker dari polifenol.

Itulah 7 manfaat buah mangga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan manfaat yang berlimpah, buah ini dapat menjadi pilihan buah untuk memaksimalkan nutrisi harian Anda.***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #buah #mangga #untuk #kesehatan #tubuh #yang #jarang #diketahui #salah #satunya #mengurangi #risiko #kanker

KOMENTAR