Aman dan Menyehatkan! Ini 5 Jenis Ikan yang Disarankan untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes
Ilustrasi tes tekanan darah pada penderita diabetes (freepik.com)
16:07
11 Mei 2024

Aman dan Menyehatkan! Ini 5 Jenis Ikan yang Disarankan untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

 

 

Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes atau terindikasi penyakit gula, pastinya perlu menjaga pola makan dengan baik dan benar.

Ya, salah satu gejala yang mendasari penyakit diabets adalah pola hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, Anda yang telah terindikasi diabetes harus ekstra menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan komplikasi paling mematikan dari diabetes yaitu penyakit jantung.

Dilansir dari MyVita Wellness Institute, Sabtu (11/5), para ahli mengatakan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi ikan, memiliki dampak baik untuk kesehatan kardiovaskular.

Mengonsumsi ikan sekali seminggu dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 40 persen, menurut sebuah studi dari Harvard School of Public Health.

Sebagai informasi, asam lemak dalam ikan dapat mengurangi resistensi insulin dan peradangan dalam tubuh yang merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Tetapi ingatlah, untuk memilih jenis ikan dengan bijak, karena beberapa jenis ikan lebih baik untuk mencegah atau mengatasi diabetes daripada yang lain.

Untuk itu, inilah beberapa jenis ikan yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

1. Ikan Salmon

Salmon berada di puncak daftar kami karena kaya akan omega-3, lemak ‘sehat’ yang dapat mengurangi peradangan dalam sel-sel darah Anda serta membantu kolesterol Anda.

Omega-3 dalam salmon juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan, seperti kesehatan jantung, otak, dan mata.

Ikan Salmon juga bagus untuk mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespons insulin.
Seperti kebanyakan ikan, Anda memiliki banyak pilihan untuk memasak salmon dengan sehat, seperti merebus atau menggorengnya dengan sedikit bumbu.

2. Ikan Tilapia

Tilapia adalah ikan rendah lemak, tinggi protein yang mudah ditemukan dalam fillet segar maupun beku dan lebih mudah disiapkan.

Tilapia bagus untuk penderita diabetes karena tidak mengandung karbohidrat dan kaya akan serat, yang membantu penderita diabetes dalam mengurangi risiko hipertensi arteri.

Ikan ini juga kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin E dan vitamin C. Ikan ini juga mengandung selenium, yang dapat membantu menyeimbangkan atau menormalkan kadar glukosa dalam darah.

Meskipun tilapia adalah pilihan yang bagus untuk penderita diabetes, sebaiknya Anda juga memasukkan jenis ikan lain dalam diet Anda, terutama jenis yang tinggi omega-3.

3. Sarden

Sarden kalengan adalah pilihan sehat untuk penderita diabetes. Seperti salmon, sarden kaya akan omega-3 dan protein yang baik untuk jantung, mereka juga murah dan memiliki label merkuri yang lebih rendah daripada ikan yang lebih besar.

Sarden bisa dikonsumsi sendiri atau ditambahkan ke hidangan lain. Olahan ikan ini sangat tinggi kalsium dan vitamin D, menjadikannya makanan yang sangat baik untuk dimasukkan sebagai bagian dari diet diabetes Anda. Pastikan untuk membaca label untuk menemukan merek yang rendah garam.

4. Tuna

Tuna adalah ikan yang populer dan mudah didapat, baik dalam bentuk kalengan maupun segar. Tuna mengandung banyak protein, selenium, dan vitamin B12, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

Tuna juga mengandung omega-3, tetapi jumlahnya bervariasi tergantung pada jenis dan bagian tuna yang Anda konsumsi. Secara umum, tuna sirip kuning dan sirip biru mengandung lebih banyak omega-3 daripada tuna putih atau tongkol. Jika Anda memilih tuna kalengan, pilihlah yang dikemas dalam air, bukan minyak, untuk mengurangi kalori dan lemak.

5. Ikan kod

Ikan kod adalah ikan putih yang lembut dan ringan, yang cocok untuk berbagai resep. Ikan kod adalah sumber protein yang baik, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan Anda.

Ikan kod juga rendah lemak dan kalori, yang dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, ikan kod mengandung vitamin B12, yang penting untuk metabolisme karbohidrat dan produksi energi.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #aman #menyehatkan #jenis #ikan #yang #disarankan #untuk #dikonsumsi #penderita #diabetes

KOMENTAR