Tak Hanya Menyegarkan! Inilah 10 Manfaat Luar Biasa Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Anda Lewatkan
Buah mangga. (Sumber foto: freepik/romiximage)
23:36
10 Mei 2024

Tak Hanya Menyegarkan! Inilah 10 Manfaat Luar Biasa Buah Mangga Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Anda Lewatkan

   - Buah mangga bukan hanya sekadae lezat dan menyegarkan, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan Anda.

Mangga mengandung katmya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan, dimana ini memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Dilansir dari Dr Axe pada Jumat (10/5), terdapat 10 manfaat luar biasa buah mangga bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh dan dapat menjadi pilihan buah yang baik untuk dimasukkan ke dalam asupan makanan Anda sehari-hari.

1. Melawan pertumbuhan sel kanker

Mangga kaya akan pektin, yakni sebuah zat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga dapat melindungi tubuh dari kanker prostat, menurut beberapa studi yang dilakukan di laboratorium.  



Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan beta-karoten, seperti mangga, juga dikaitkan dengan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi pada pria yang mengidap penyakit kanker prostat.

Studi juga menunjukkan bahwa ekstrak dari daging dan kulit mangga efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Mangga mengandung banyak vitamin B6 yang penting untuk menjaga fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan fungsi kognitif dan penurunan neurologis.

Vitamin B6 dan vitamin B lainnya juga penting untuk menjaga fungsi neurotransmitter otak, yang membantu menjaga suasana hati yang sehat dan pola tidur yang teratur.

Studi menunjukkan bahwa ekstrak mangga dapat membantu meningkatkan gangguan ingatan dan kerusakan akibat stres oksidatif yang berkaitan dengan gangguan kognitif ringan.

3. Melindungi mata dari degenerasi makula  



Degenerasi makula adalah kondisi umum yang menyebabkan kerusakan pada makula, bagian mata yang penting untuk penglihatan tajam dan sentral.

Mangga mengandung zeaxanthin, dimana ini merupakan antioksidan yang membantu melindungi mata dari sinar biru yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan antioksidan seperti zeaxanthin dapat membantu menjaga kepadatan pigmen pada makula, yang penting untuk mempertahankan penglihatan dan mencegah degenerasi makula.

4. Mendukung tulang yang kuat

Mangga merupakan sumber vitamin K yang baik untuk memperkuat tulang. Vitamin K dapat membantu dalam metabolisme tulang dan menjaga jumlah kalsium yang cukup dalam tulang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin K dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan mampu meningkatkan risiko terjadinya patah tulang.  



5. Melambatkan munculnya tanda-tanda penuaan

Mangga mengandung banyak nutrisi anti-penuaan, seperti vitamin A dan vitamin C. Vitamin A membantu memperbaiki jaringan dan dapat digunakan untuk melawan kerutan dan penuaan kulit.

Sedangkan vitamin C adalah antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat oksidasi dan meningkatkan produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi keriput.

Hal ini juga didukung oleh sebuah studi pada perempuan pasca menopause, yang menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga secara teratur dapat memperbaiki kerutan wajah.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mangga mengandung banyak vitamin C dan polifenol yang dapat membantu meningkatkan dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat sehingga dapat melawan penyakit dan infeksi.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan infeksi pernapasan seperti flu biasa, serta dapat mengurangi risiko terkena kondisi lain seperti malaria, pneumonia, dan infeksi diare.  



7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mangga mengandung kaya serat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan saluran pencernaan Anda. Serat membantu menambah volume tinja dan meningkatkan frekuensi buang air besar, dimana ini bermanfaat bagi orang yang mengalami sembelit.

Makanan tinggi serat seperti mangga juga dapat melindungi tubuh terhadap beberapa masalah pencernaan lainnya, seperti wasir, GERD, tukak usus, dan divertikulitis.

Studi klinis yang diterbitkan pada tahun 2023 menunjukkan bahwa mengonsumsi mangga segar dapat meningkatkan bakteri sehat dalam mikrobiom usus dan sedikit meningkatkan gerakan usus.

8. Melindungi saluran pernapasan dari asma

Mangga mengandung banyak beta-karoten dan vitamin A yang dapat membantu mencegah terjadinya asma. Studi menunjukkan bahwa terdapat rendahnya kadar vitamin A dan beta-karoten pada anak-anak yang menderita asma.

9. Membantu mengoptimalkan kesehatan jantung  



Pektin yang terkandung dalam buah mangga merupakan jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Selain itu, mangga mengandung rendah natrium dan kaya kalium serta vitamin B, dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Menurunkan tingkat gula darah

Mangga dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena kandungannya yang kaya serat dan antioksidan. Serat dalam mangga membantu memperlambat penyerapan gula dalam tubuh setelah makan.

Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah makan, dimana ini sangat penting bagi orang yang ingin mengontrol berat badan atau memiliki masalah kesehatan terkait gula darah.

Studi juga menunjukkan bahwa mangga dapat meningkatkan hormon adiponektin yang berperan dalam mengatur metabolisme gula darah.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #hanya #menyegarkan #inilah #manfaat #luar #biasa #buah #mangga #bagi #kesehatan #yang #boleh #anda #lewatkan

KOMENTAR