Sepele tetapi Berbahaya! Ini 8 Kebiasaan yang Harus Kamu Buang Jauh-jauh, Salah Satunya Makan Popcorn
Ilustrasi makan popcorn (Freepik)
17:20
8 Mei 2024

Sepele tetapi Berbahaya! Ini 8 Kebiasaan yang Harus Kamu Buang Jauh-jauh, Salah Satunya Makan Popcorn

Kebiasaan sehari-hari menjadi rutinitas yang biasa dilakukan oleh setiap orang, salah satunya minum kopi di pagi hari.

Namun, kebiasaan minum kopi dapat membahayakan seseorang jika diminum sebelum makan.

Selain itu, kebiasaan makan popcorn juga dinilai berbahaya oleh dokter. Mengapa?

Cari tahu dan simak penjelasan lengkapnya dengan beberapa kebiasaan lain yang juga berbahaya, sebagaimana dikutip dari Brightside.me, Rabu (8/5).

1. Mengangkat Kaki di Dashboard Mobil

Posisi mengangkat kaki di dashboard mobil ternyata sangat berbahaya. Kaki yang sejajar dengan wajah dalam posisi ini dapat membuat wajahmu berbenturan dengan lutut jika mobil tiba-tiba mengerem atau berhenti.

Benturan antara rahang dengan lutut dapat menyebabkan patah tulang yang menyebabkan masa pemulihan sangat lama dan sulit.   Untuk itu, duduklah secara nyaman dengan punggung yang bersandar pada kursi, kemudian lutut ditekuk di depan, dan sabuk pengaman melintang di dada.  



2. Menggantung Handuk Basah pada Pengait dan Memasang Tirai Kamar Mandi di Satu Sisi

Membuka tirai kamar mandi setelah mandi, mengeringkan badan, kemudian menggantung handuk basah merupakan hal yang terkadang tidak disengaja. Hal ini jika terus dilakukan akan menjadi kebiasaan yang tidak sehat.

Perlu diketahui, bakteri dapat dengan mudah berkembang biak di lipatan handuk yang basah dan jamur dapat tumbuh di lipatan tirai kamar mandi. Oleh karena itu, lebih baik membiarkan handuk basahmu dan merentangkan tirai kamar mandimu sampai mengering.

3. Minum Kopi saat Perut Kosong


Banyak orang memulai harinya dengan membuat secangkir kopi sebelum beraktivitas. Namun, sebagian dari mereka minum kopi saat perut kosong. Apakah kamu salah satunya?

Meskipun kopi mengandung manfaat, tetapi kopi juga dapat berdampak negatif jika diminum dalam kondisi perut kosong. Hal ini dapat membuatmu sakit maag dan gangguan pencernaan.

Ketika minum kopi sebelum makan, hal ini dapat merusak lapisan lambung. Para ahli menyarankan minum kopi hanya setelah sarapan atau di tengah hari.  



4. Makan Popcorn


Makan popcorn menjadi hal wajib bagi sebagian orang saat menonton film. Namun, makan popcorn ternyata dapat berdampak bahaya.

Dokter gigi mengatakan bahwa popcorn dapat merusak gigi. Hal ini lantaran partikel kecil pada popcorn tersangkut di sela-sela gigi dan sangat sulit dihilangkan meskipun melakukan perawatan teratur.

5. Meninggalkan Sebotol Air di Dalam Mobil

Apakah kamu salah satu orang yang suka menyimpan sebotol air di dalam mobil? Sebotol air dalam mobil dapat digunakan untuk keperluan darurat atau hanya untuk minum biasa.

Namun, kebiasaan ini agak berbahaya, terutama di musim panas. Hal tersebut karena air dalam botol layaknya lensa yang jika terkena sinar matahari kemungkinan kecil dapat memicu kebakaran, terlebih jika botol berada di permukaan yang gelap.  



6. Memencet Jerawat


Kita tahu bahwa jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak yang berlebih. Saat itulah terjadi proses peradangan.

Saat kamu memencet jerawat, sisi pori-pori menjadi rusak. Akibatnya, jerawat menjadi lebih rentan terhadap bakteri. Tak hanya itu, luka dari jerawat yang dipencet dapat berisiko terinfeksi jika tangan kotor.

7. Memotret Semua Hal dengan Ponsel

Tak heran jika banyak orang, termasuk kamu suka memotret banyak hal dengan ponsel. Namun, hasil penelitian Linda Henkel dari Fairfield University menunjukkan bahwa mencoba menangkap semua hal dengan kamera justru akan membuatmu kehilangan banyak detail penting.

Saat kamu mengambil foto atau memotret, perhatianmu terfokus pada foto tersebut, bukan pada apa yang kamu potret. Hasilnya, kamu akan mendapatkan foto atau video yang berkesan, tetapi kesan yang dirasakan sebenarnya akan sangat membosankan.  



8. Meletakkan Ponsel yang Sedang Diisi Daya di Bawah Bantal

Ponsel yang diisi daya kemudian diletakkan di bawah bantal dapat menimbulkan kebakaran. Hal ini lantaran ponsel bisa menjadi panas.

Ada sebagian ponsel dengan baterai yang dapat meningkatkan suhu keseluruhan secara signifikan. Kabel pengisi daya pun dapat terbakar.

Departemen Pemadam Kebakaran Newton NH memperingatkan agar semua orang yang peduli dengan keselamatan diri, tidak meletakkan ponsel yang sedang diisi daya di bawah bantal.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #sepele #tetapi #berbahaya #kebiasaan #yang #harus #kamu #buang #jauh #jauh #salah #satunya #makan #popcorn

KOMENTAR