10 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan, Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Anda
Telur bebek mempunyai beragam manfaat karena kandungan nutrisinya yang dapat mencukupi kebutuhan gizi Anda. (Instagram @liuin85)
11:05
24 April 2024

10 Manfaat Telur Bebek Bagi Kesehatan, Cukup untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Anda

- Telur bebek mungkin tidak sepopuler telur ayam, namun kandungan nutrisinya yang kaya membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi yang mencari variasi dalam pola makan sehat. Biasanya, telur bebek ditemukan pada martabak, kerak telor, ataupun dijadikan sebagai telur asin. Hal yang menarik adalah bahwa telur bebek mempunyai beragam manfaat karena kandungan nutrisinya yang dapat mencukupi kebutuhan gizi Anda.

Berikut adalah deretan kandungan yang ada dalam 100 gram (gr) telur bebek:

Air: 70 gr
Energi: 187 Kalori (Kal)
Protein: 11,8 gr
Lemak: 14,2 gr
Karbohidrat: 3 gr
Kalsium: 60 miligram (mg)
Fosfor: 268 mg
Zat besi: 6 mg
Natrium: 115 mg
Kalium: 80 mg
Seng (zinc): 1,7 mg
Vitamin A (retinol): 180 mikrogram (mcg)
Karoten: 437 mcg
Thiamin (vitamin B1): 1,55 mg
Riboflavin (vitamin B2): 0,37 mg
Vitamin B12: 5,40 mcg
Niacin: 0,1 mg
Folat: 80 mcg
Kolin: 263 mg
Lutein + zeaxanthin: 459 mcg

Melansir dari HelloSehat dan KlikDokter, berikut ragam manfaat yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi telur bebek:

Baik untuk Kesehatan Mata

Telur bebek kaya akan vitamin A, yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Vitamin ini membantu menjaga kornea mata tetap jernih, lapisan luar yang penting bagi kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin dalam telur bebek adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, asupan cukup lutein dan zeaxanthin juga dapat mengurangi risiko kelelahan mata karena paparan sinar biru dari perangkat elektronik.

Memiliki Efek Antioksidan

Warna kuning pada kuning telur bebek berasal dari karotenoid, pigmen alami yang juga merupakan antioksidan. Ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis dan penuaan.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Kolin yang terkandung dalam telur bebek, memiliki peran penting dalam reaksi biokimia di otak. Kolin mempercepat pelepasan protein asetilkolin, yang membantu fungsi dasar otak, termasuk memori.

Rendahnya kadar asetilkolin sering dikaitkan dengan Alzheimer, sehingga asupan kolin dari telur bebek dapat membantu mencegah penyakit tersebut.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Meskipun kuning telur bebek memiliki kolesterol yang tinggi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur bebek dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam oleat yang tinggi dalam telur bebek. Menurut sebuah studi dari Olives and Olive Oil in Health and Disease Prevention, asam oleat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Namun, perlu diingat untuk tetap membatasi konsumsi telur bebek karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Kekuatan Tulang

Vitamin D dalam telur bebek bermanfaat untuk kesehatan tulang. Selain itu, peptida dalam putih telur bebek membantu sistem pencernaan Anda menyerap mineral esensial seperti kalsium, yang juga penting bagi kesehatan tulang dan gigi.

Sistem Pencernaan Sehat

Manfaat tambahan dari telur bebek berasal dari vitamin E yang terkandung di dalamnya, membantu memelihara fungsi pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit.

Produksi Hormon dan Fertilitas

Selenium dalam telur bebek membantu mengatur hormon metabolik, termasuk hormon tiroid, yang penting untuk fertilitas dan kehamilan yang sehat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Telur bebek mengandung berbagai jenis karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Menurut Cogent Food and Agriculture, karotenoid memiliki peran penting dalam menjaga fungsi tubuh dan mencegah penyakit.

Selain itu, vitamin A dalam telur bebek juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Kesehatan Kulit

Lutein dan zeaxanthin dalam telur bebek juga diyakini melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Menurut artikel dari Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, hal ini juga dapat membantu memperbaiki warna kulit setelah pemberian selama 12 minggu.

Anda dapat menggunakan telur bebek mentah sebagai krim atau masker untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, konsumsi telur bebek juga dapat memberikan manfaat bagi kulit karena kandungan vitamin, protein, dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit.

Produksi Sel Darah Merah dan Mencegah Anemia

Zat besi dan vitamin B12 yang terdapat dalam telur bebek berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 juga dapat mengurangi risiko terkena anemia megaloblastik, menurut informasi dari National Institutes of Health.

Demikian beragam manfaat dari telur bebek. Disarankan untuk memasak telur bebek hingga matang agar terhindar dari infeksi bakteri. Perlu diingat juga bahwa telur ini mengandung kadar kolesterol yang tinggi, pastikan untuk konsumsi secukupnya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #manfaat #telur #bebek #bagi #kesehatan #cukup #untuk #memenuhi #kebutuhan #gizi #anda

KOMENTAR