Kasus DBD di Indonesia Sedang Tinggi, Pencegahan Penyakit Menular dari Nyamuk Perlu Jadi Prioritas
Ilustrasi nyamuk sedang mengisap darah manusia (Shutterstock).
09:00
24 April 2024

Kasus DBD di Indonesia Sedang Tinggi, Pencegahan Penyakit Menular dari Nyamuk Perlu Jadi Prioritas

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia yang sedang tinggi jadi perhatian serius pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Berdasarkan data sampai dengan minggu ke-14 di bulan April 2024, tercatat kasus DBD di Indonesia mencapai 60.296 kasus, dengan kematian 455 kasus. Angka ini naik lebih dari dua kali lipat, dari minggu ke-17 di tahun sebelumnya (2023) yaitu 28.579 kasus dengan kematian sebanyak 209 kasus.

DBD adalah penyakit menular yang berasal dari serangga, dalam dunia medis penyakit ini dikenal sebagai penyakit arbovirus. Dr. Ida Safitri Laksanawati, SpA(K), Dokter Spesialis Anak dari Universitas Gajah Mada (UGM), menjelaskan bahwa salah satu cara pencegahan efektif adalah dengan memberikan vaksin Dengue.

“Vaksin dengue sudah ada di Indonesia sejak tahun 2016. Namun yang saat ini tersedia di Indonesia dapat diberikan kepada kelompok usia 6-45 tahun. Vaksin DBD telah melalui proses penelitian dan pengembangan yang sedemikian rupa, serta telah mendapatkan evaluasi dari otoritas kesehatan terkait, seperti BPOM, dengan hasil yang menunjukkan profil efikasi dan keamanan yang dapat diterima pada rentang usia tersebut,” jelas dr. Ida dalam International Arbovirus Summit 2024, yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 25-27 April 2024.

Di kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan pentingnya kolaborasi internasional dalam meningkatkan kesiapan, pencegahan, dan penanganan arbovirus. Ia menjelaskan lima fokus dalam menangani penyakit menular seperti arbovirosis, termasuk edukasi dan pelatihan, kontrol vektor, pengawasan yang kuat, vaksin, dan terapeutik.

"Setidaknya ada lima hal yang menjadi fokus dalam menangani penyakit menular seperti penyakit arbovirosis. Pertama, edukasi dan pelatihan bagi publik tentang bagaimana menghindari penyakit-penyakit menular. Melalui edukasi dan pemahaman yang cukup, masyarakat kita menjadi tahu apa yang harus dilakukan dan dihindari, untuk mencegah penularan lebih lanjut. Kedua, yang juga menjadi kunci, adalah vektor kontrol. Ketiga adalah pengawasan/surveillance yang kuat. Keempat adalah vaksin, dan yang kelima adalah terapeutik, atau obat apabila ada yang terinfeksi,” jelasnya.

Arbovirus Summit 2024 diselenggarakan di Kura Kura, Bali. (Dok. Takeda)Arbovirus Summit 2024 diselenggarakan di Kura Kura, Bali. (Dok. Takeda)

International Arbovirus Summit 2024, diselenggarakan di Bali hari ini, merupakan acara penting untuk membahas upaya penanganan arbovirus di Indonesia. Dengan dukungan PT Takeda Innovative Medicines, acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia bersama Kementerian Kesehatan Brasil. Tujuan utama acara ini adalah menghadapi meningkatnya penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk di seluruh dunia, khususnya lonjakan infeksi demam berdarah dengue (DBD) di Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Tengah.

Dr. Nikki Kitikiti dari Takeda Pharmaceuticals International menekankan komitmen perusahaan dalam melawan DBD sebagai mitra jangka panjang. Dia menyoroti pentingnya pendekatan terintegrasi dan kemitraan lintas sektor untuk menangani beban yang disebabkan oleh DBD. Takeda berharap kontribusi mereka di International Arbovirus Summit 2024 dapat mendukung pemerintah dalam merumuskan strategi pengendalian arbovirus dan mendekatkan dunia pada tujuan WHO 'nol kematian akibat DBD' pada tahun 2030.

"Demam berdarah dengue menimbulkan beban yang signifikan bagi keluarga, sistem kesehatan, dan ekonomi. Mengingat DBD dapat menjangkit siapa saja, tanpa pandang bulu, penanggulangan DBD memerlukan pendekatan yang terintegrasi dan kemitraan lintas-sektor yang kuat. Untuk itu, kami sangat gembira dapat memberikan kontribusi kami pada acara International Arbovirus Summit 2024 ini, dan mendukung pemerintah untuk merumuskan strategi pengendalian penyakit arbovirus, termasuk DBD. Melalui inisiatif ini, kami berharap apa yang kita lakukan ini dapat memuluskan jalan kita untuk mencapai tujuan WHO ‘nol kematian akibat akibat DBD’ pada tahun 2030," papar Dr. Nikki.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #kasus #indonesia #sedang #tinggi #pencegahan #penyakit #menular #dari #nyamuk #perlu #jadi #prioritas

KOMENTAR