4 Tanda Tubuh Anda Perlu Asupan Vitamin B dalam Makanan Anda Sehari-hari, Salah Satunya Sistem Kekebalan Tubuh Melemah
Tanda bahwa tubuh perlu asupan vitamin B./freepik/yarunivstudio
10:17
20 April 2024

4 Tanda Tubuh Anda Perlu Asupan Vitamin B dalam Makanan Anda Sehari-hari, Salah Satunya Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Keberadaan vitamin B dalam tubuh memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan kinerja berbagai sistem tubuh.

Namun, terkadang tubuh memberikan sinyal bahwa asupan vitamin B pada tubuh Anda kurang memadai.

Salah satu cara tubuh menunjukkan kekurangan vitamin B adalah melalui gejala fisik yang dapat dikenali.

Dilansir dari Voost pada Jumat (19/4), terdapat 4 tanda utama yang menunjukkan bahwa tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin B tambahan dalam makanan sehari-hari.

Dengan memahami gejala ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan optimal.

1. Kelelahan

Gejala kelelahan dapat menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin B, dimana vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah yang sehat dan transportasi oksigen ke organ-organ penting.

Kekurangan vitamin tersebut juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyimpan energi dari makanan, sehingga mengakibatkan Anda mudah untuk merasa lelah.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan yang cukup melalui makanan yang beragam, dengan sumber-sumber seperti daging, ikan, telur, produk susu, sereal utuh, dan sayuran hijau.

2. Kelemahan otot dan saraf

Vitamin B memiliki peran penting dalam fungsi tubuh, seperti produksi sel darah merah, DNA, dan sistem saraf. Tanpa cukup vitamin B, tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Salah satu tanda kekurangan vitamin B adalah kelemahan otot dan saraf. Krlrmahan otot dan saraf ini bisa terjadi dalam bentuk kesulitan melakukan hal fisik, kram otot, kesemutan, dan lainnya.

Kelemahan otot terjadi karena kurangnya vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan vitamin B12 juga dapat merusak lapisan mielin yang melindungi saraf, sehingga dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi saraf.

3. Sistem kekebalan tubuh melemah

Jika Anda sering merasa sakit, lelah, atau mengalami gejala lain yang mengganggu tanpa penyebab yang jelas, itu bisa menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda melemah.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangatlah penting untuk melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin B, khususnya vitamin B6 berperan penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh tetap optimal.

Ketika tubuh kekurangan vitamin ini, sistem kekebalan tubuh dapat menjadi rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini seperti daging babi, ikan, sayuran, dan susu dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

4. Kekurangan energi

Kekurangan energi bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi, salah satunya adalah kekurangan Vitamin B1 atau tiamin.

Vitamin B1 berperan dalam memecah dan mengeluarkan energi dari makanan, serta seperti halnya vitamin B lainnya, juga membantu dalam metabolisme energi yang normal.

Makanan umum yang mengandung vitamin B1 meliputi sereal sarapan yang diperkaya oleh vitamin tersebut, produk gandum utuh (seperti roti, sereal sarapan, nasi, mie, dan tepung), biji gandum, trout, kacang hitam, kerang, dan tuna.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, Anda dapat membantu menjaga tingkat energi tubuh tetap tinggi dan mengurangi risiko kelelahan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #tubuh #anda #perlu #asupan #vitamin #dalam #makanan #anda #sehari #hari #salah #satunya #sistem #kekebalan #tubuh #melemah

KOMENTAR